PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PENGGUNA LAYANAN GOFOOD DALAM APLIKASI GOJEK DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS WIDYAGAMA MAHAKAM SAMARINDA

Authors

  • Robby Cahyadi

DOI:

https://doi.org/10.24903/obor.v1i1.1820

Keywords:

Gojek, Gofood, Harga, kualitas Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas

Abstract

This study aims to determine the extent of the influence of price and service quality on satisfaction in order to increase the loyalty of users of the Go-Jek application based on Gofood at the Faculty of Economics, WidyaGama Mahakam University, Samarinda. The hypotheses tested are (1) there is a significant effect of price on the satisfaction of users of the Gojek application based on Gofood. (2) There is a significant effect of service quality on the satisfaction of users of the Gojek application based on Gofood. (3) There is a significant effect of price and quality of service together on user satisfaction. (4) And there is a significant effect of satisfaction on the loyalty of users of the Gojek application based on Gofood. Of all the variables show that the contribution. However, the dominating variable is the service quality variable with the largest significant value.

References

Abbas, M. A. Y., & Firdaus, R. R. PENGARUH MINAT PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY OVO DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MATAHARI DEPARTMENT STORE SAMARINDA

Amstrong, & Kolter, Philip, 2004, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi 9, jilid 1,Penerbit PT .Indeks, Jakarta.

Anwar, Amalia, Ahsani, 2017, Online vs Konvensional: Keunggulan dan Konflik Antar Moda Transportasi di Kota Makassar, Jurnal etnografi Indonesia, Volume 2 Edisi 2, Desember.

Aprianti, D. I. (2017). Pendampingan Usaha Kecil Menengah Industri Kecil Menengah Tiara Dezzy. Jurnal Abdimas Mahakam, 1(1), 1-71.

Aprianti, D. I. PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN EKUITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA KOSMETIK MAYBELLINE DI SAMARINDA.

Aprianti, D. I., & Reonald, N. IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILTY THE BODY SHOP INDONESIA SEBAGAI STRATEGI PASAR.

Aprianti, D. I., & Yulidar, M. A. Implementasi Analisa Jabatan Pada Tenaga Kependidikan Di Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda.

Armstrong, Gary dan Kotler, Philip, 2004, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kesemebilan, Jilid I, Penerbit PT. Indeks, Jakarta.

Bulan, Lindung, Putri, Tengku, 2016, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa, Jurnal Manajemen dan Keuangan, vol 5, no 2, November.

Buntu, O. F. S., Abbas, M. A. Y., & Riyanto, A. PENGARUH ARUS KAS OPERASI DAN LABA BERSIH TERHADAP DIVIDEN KAS PADA PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2020.

Chairuddin, S., Riadi, S. S., & Hariyadi, S. S.(2015). Antecedent Work Engagement and Organizational Commitment to Increase the Outsourcing Employees Performance in Department of Cleanliness and Horticultural. European Journal of Business and Management, 7(14), 1-14.

Dachlan, R. S., & Reksa, R. R. ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIANDAN PENGUPAHAN PADA KOPERASI TKBM KARYA KALTIM BONTANG.

Daniel, Mc, & Hair, Lamb, 2001, Pemasaran, edisi 1, jilid 1, Penerbit Salemba Empat,Jakarta..

Fikri, Sirhan, dan Wiyani, Wahyu, dan Suwandaru, Agung, 2016, Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa, (Studi pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas Merdeka Malang), Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 3 No.1, Januari 2.

Firdaus, Akbar, Bachrudin, 2017, Pengaruh kepuasan , kepercayaan dan layanan terhadap loyalitas pelanggan sakinah supermarket Surabaya, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 5.

Hamid, Djamhur, Susepti, Amalia, dan Kusumawati, Andriani, 2017, Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas tamu hotel, (Studi tentang Persepsi Tamu Hotel Mahkota Plengkung Kabupaten Banyuwangi), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 50 No. 5 September.

Hasan, Iqbal, dan Misbahudin, 2013, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Husein, Umar, 2007, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hutauruk, M. R., Ghozali, I., & Sutarmo, Y. (2020). The factors impact on prospective client to make a decision using the accountant service office (“KJA”) in Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 2200-2206.

Hutauruk, M. R., Ghozali, I., & Sutarmo, Y. (2020). The factors impact on prospective client to make a decision using the accountant service office (“KJA”) in Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 2200-2206.

Hutauruk, M. R., Ghozali, I., Aprianti, D. I., Reonald, N., & Mushofa, A. (2020). Marketing mix and customer satisfaction in its role toward customer loyalty through environmental accounting moderation. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 996-1001.

Kusumawati, Andriani, dan Normasari, Selvy, dan Kumadji, Srikandi, 2013, Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, citra perusahaan dan loyalitas pelanggan, Survei padaTamu Pelanggan yang Menginap di Hotel Pelangi Malang, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) | Vol. 6 No. 2 Desember.

Lyan, M. R., Yulidar, M. A., & Syafariansyah, R. ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODAL KERJA PADA PT. METRODATA ELECTRONICS TBK.

Manus, W. Bode, Fanly, Lumanauw, 2015 Kualitas produk , harga, dan kualitas layanan, pengaruhnya terhadap kepuasan pelangan kartu prabayar tri dikelurahan wawalintouan tondano barat, Jurnal EMBA Vol.3 No.2 Juni.

Mardiani, Endang, I‟in, dan Imanuel Jorge, Orland, 2013, Analisis keputusan pembelian konsumen melalui media online ( E - Marketing ), Jurnal Ekonomi, Volume 4 Nomor 2, November.

Mardiono, M., & Safitri, O. A. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SERVICE CHARGE, KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PRINCIPAL PERUM JAMKRINDO CABANG SAMARINDA.

Putri, Widya, Resita, dan Fanani, Dahlan, Suharyono, 2015, Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (Survey pada pelanggan auto 2000 waru Surabaya, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol. 1 No. 1 Januari

Rachim, R., & ZULKIFLI, Z. The Influence of Service Quality and Brand Image on Customer Satisfaction (Case Study at Bankaltimtara).

Rahmat, Yanuar, Tantri, dan Liung, Hon, Syah, 2017, Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan dalam meningkatkan loyalitas dimoderasi harga, Jurnal Ekonomi Volume 8 Nomor 2, Mei.

Rahmatiah, S. A., Abbas, M. A. Y., & Pardede, P. P. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PADA BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN PASER TAHUN 2020.

Rasyid, Al, Harun, 2017, Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan, Go-Jek, Jurnal Ecodemica, Vol. 1 No. 2 September.

Reonald, N. (2016). Pengaruh reputasi perusahaan rental dan relationship value terhadap kepercayaan dan komitmen serta loyalitas perusahaan pengguna jasa persewaan kendaraan di provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Ekonomika, 5(2), 90-104.

Rohmah, S., Abbas, M. A. Y., & Hibatullah, M. F. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020.

Setiawati, E., Syafariansyah, R., Furiawan, L., Setiani, K., & Nirwany, H. (2019). ANALISIS MULTIPLIER EFFECT PAJAK, INVESTASI DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KALIMANTAN TIMUR. Jurnal Ekonomika.

Sihombing, Oktoria, Sabrina, dan Budi, Setia, Raymond, 2010 Hubungan Kepantasan Harga, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas serta harga yang Dapat Diterima, Vol.11, No.1 Januari.

Subianto, Totok, 2007, Studi tentang prilaku konsumen beserta implikasinya terhadap keputusan pembelian, Jurnal Ekonomi MODERNISASI, Volume 3, Nomor 3, Oktober.

Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D, Alfabet, bandung, Uma Sekaran, 2006, Reserch Methods For Business, Edisi 4, Jilid 2, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Suyanto, S. S., Hariyadi, S., & Suharto, R. B. (2021). Factors Affecting Work Stress And Performance With Compensation Moderation In Working Load Relationships On The Performance Of Private Teachers In East Kalimantan. PSYCHOLOGY AND EDUCATION, 58(1), 2398-2411.

Suyanto, Y., & Rasyid, M. K. N. ANTESEDEN STRES KERJA PADA DOSEN SWASTA DI SAMARINDA.

Syafariansyah, R. (2016). ANALISIS REALISASI ANGGARAN BIAYA BAHAN BAKU PROYEK REHAB GEDUNG PLN TENGGARONG TAHUN 2015 PADA CV. RAJAWALI ADI PUTRA.

Tjiptono, Fandy, 2011, Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3, penerbit CV. Andi Offset (Penerbit Andi). Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 2011, Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3, penerbit CV. Andi Offset (Penerbit Andi). Yogyakarta.

Wahyuti, S., & Rini, E. S. U. ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN MODAL KERJA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN PADA PT. AGUNG PODOMORO LAND Tbk.

Wijayanto, Kusuma, 2015, Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah Bank, Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Vol. 17, No. 1, Juni.

Zulkifli, Z. U. L. K. I. F. L. I., & Rachim, R. E. S. L. I. A. N. T. Y. (2019). Tinjauan Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (Rat) Pada Koperasi Di Kalimantan Timur Tahun 2017. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari’ah, 8(2), 12

Zulkifli, Z. U. L. K. I. F. L. I., & Rachim, R. E. S. L. I. A. N. T. Y. (2019). Tinjauan Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (Rat) Pada Koperasi Di Kalimantan Timur Tahun 2017. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari’ah, 8(2), 12.

Zulkifli, Z., & Solot, M. G. (2019). Pengaruh Customer Offline dan Customer Online Terhadap Penjualan Pada Toko 3 Second Plaza Mulia Samarinda. J. Ekon. Manajemen, Akuntansi, dan Perbank. Syari’ah, 7(1), 43.

Published

2019-04-15

How to Cite

Cahyadi, R. . (2019). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PENGGUNA LAYANAN GOFOOD DALAM APLIKASI GOJEK DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS WIDYAGAMA MAHAKAM SAMARINDA. OBOR: Oikonomia Borneo, 1(1). https://doi.org/10.24903/obor.v1i1.1820

Issue

Section

Articles