ANALISIS MINAT MASYARAKAT NON MUSLIM MENGGUNAKAN TABUNGAN BANK SYARIAH PADA PT BPD KALTIMTARA KANTOR CABANG PEMBANTU SYARIAH JUANDA
DOI:
https://doi.org/10.24903/obor.v4i2.1713Keywords:
Bank Syariah, Tabungan, Minat Masyarakat Non MuslimAbstract
Analisis Minat Masyarakat Non Muslim Menggunakan
Tabungan Bank Syariah Pada PT BPD Kaltimtara Kantor Cabang Pembantu
Syariah Juanda . Dengan dosen Pembimbing 1 Bapak DR. Ali Mushofa, SE.,ME
dan Bapak Al Hafid Ibnu Qayyim,S.Th.I.,M.Th.I Selaku dosen pembimbing II
saya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat masyarakat non muslim
kota samarinda dalam menggunakan Bank Syariah, dengan studi kasus pada PT
BPD Kaltimtara syariah kantor cabang pembantu juanda. Penelitian dilakukan
dengan menganalisis apakah produk tabungan (X1), lokasi(X2), dan promosi(X3)
berpengaruh terhadap minat msyaraakat non muslim dalam menggunakan Bank
Syariah. Analisis data penelitian ini menggunakan Uji Kualitas data yaitu Uji
Validitas dan Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik yaitu Uji Normalitas, Uji
Multikolinearitas, dan Uji Heteroskedasitas, serta Uji Hipotesis yaitu Analisis
Linier Berganda, Uji Parsial (T), dan Uji Simultan (F)
Hasil penelitian menunjukan bahwa produk tabungan (X1) memiliki
pengaruh negatif secara parsial terhadap minat nasabah. Lokasi (X2) memiliki
pengaruh negatof secara parsial terhadap minat nasabah. Dan promosi (X3)
memiliki pengaruh negatif terhadap minat rekomendasi.
References
Murabahah diBank Syariah (Studi Kasus Nasabah di BNI Syariah
Kc.Rungkut Surabaya)”. JESTTVol.2 No.1 (Januari2015)
Alguad,LatifaM.dan Marvyn K.Lewis. Perbankan Syari'ah Prinsip Praktik
Prospek. Jakarta: PT. Serambi IlmuSemesta, 2003.
Amrin, Abdul. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: PT. Grasindo,
2007.Antonio,M.Syafi’i.Bank Syariah Dari Teorike Praktik. Jakarta:Gema
Insani Press,2001.
Apriyantini,MarlinaAyu.“Faktor Yang Mempengaruhi Non Muslim Menjadi
Nasabah BRI Syariah Cabang Yos Sudarso Yogyakarta”. Skripsi. Fakultas
Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta,2014.
Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, Data Sensus Penduduk 2017
http://sp2010.bps.go.id/index.php/site/tabel?tid=321 (26Oktober2017).
BI dan UNBRAW. Potensi, Preferensi, dan Perilaku Masyarakat terhadap
BankSyariah: Studi Pada Wilayah Propinsi Jawa Tengah”. Executive
Summary,2000.
Dendawijaya, Lukman. Manajemen Perbankan. Bogor: Ghalia Indonesia,
2005.Djaslin,Saladin.Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran
Bank.Jakarta:Mandiri Maju, 1994.
Esthi Dwityanti,“Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli
Konsumen terhadap Layanan Internet Banking Mandiri (Studi Kasus pada
KaryawanDepartemenPekerjaanUmum Jakarta)”, Thesis (Semarang:
Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponogoro
Semarang,2008).
Djawahir, 2014. Perbankan Syariah Dalam Teoridan Praktik,
(Yogjakarta:Deepublish), h.65
Kasmir,Pemasaran Bank (Jakarta:Kencana, 2015), h.137.
Kasmir,Pemasaran Bank,h.163.
Kasmir,Manajemen Perbankan( Jakrta:PT Raja Grafindo Persada,2012),h.239-
240.
Lukman Dendawijaya, Manajemen Perbankan (Bogor:Ghalia
Indonesia,2005),h.66.
Muh Risky AdiHirmawan,“Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah
Bertransaksi di Bank Syariah” (Studi Kasus di Bank Jateng Syariah
Cabang Surakarta)”, Naskah Publikasi (Surakarta:ProgramStudi Akutansi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Surakarta,2015).
Philip Kotler, Manajemen Pemasaran Jilid2,EdisiIII(Jakarta:Erlangga,2009),h.4.
Poerdaminta,Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta:BalaiPustaka,2006,h.769.
Rifa’atul Machmudah,“Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Non
Muslim Menjadi Nasabah di Bank Syariah” (Studi Bank CIMB NIaga
Syariah Cabang Semarang)”, Skrips i(Semarang:Jurusan Ekonomi Islam
Fakultas Syariah, Semarang,2009).
Sarah, Siti. “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Nasabah Non Muslim
Menjadi Nasabah Bank BCA Syariah Cabang Jatinegara”. Skripsi.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif
Hidayatullah, Jakarta,2017.
Simamora, Henry. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.
Jakarta:Erlangga,2000.
Sinungan, Moch Darsyah. Manajemen Dana Bank. Jakarta: Rineka Cipta, 1990.
Sugiyono.Metode Penelitian Administrasi; dilengkapi dengan Metode R&D.
Bandung: Alfabet,2012.
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2008.Sugiyono.
Metode penelitian pendidikan. Bandung:Alfabeta,2010.
Sumitro, Warkum. Asas-asas Perbangkan Islam dan Lembaga-lembaga Terkait
(BMUI dan Takaful). Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada, 2004.
Sumitro, Warkum. Asas-asas Perbankan Islam. Jakarta: PT Grafindo
Persada.Usman,Rachmadi.Aspek-Aspek Hukum Perbankan Islam
diIndonesia. Bandung: PT.Citra Aditya Bakti,2002.
Yakin, Ikin Ainul. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Muslim
dan Non Muslim terhadap Transaksi Pembiayaan pada Perbankan
Syariah”. TSARWAH (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam) Volume1No.2
(Juli-Desember2016).
http://www.bi.go.id/id/perbankan/syariah/Contents/Default.aspx. diakses pada
10 Juli 2021
http://sp2020.bps.go.id/index.php/site/tabel?tid=321. Diakses pada10 Juli 2021