ANALISIS DU PONT SYSTEM UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PT. SIDO MUNCUL TBK PERIODE 2015-2020

Authors

  • mariyana ana Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/obor.v3i1.1313

Keywords:

Net Profit Margin (NPM), Total Assets Turnover(TATO), Return On Investmen (ROI)

Abstract

Setiap tahun perusahaan berupaya semaksimal mungkin dalam mengelola kinerja perusahaan. Persaingan bisnis, pengaruh politik, fluktuatif nilai mata uang dan kondisi alam merupakan hal yang tidak bisa dihindari oleh seluruh pelaku bisnis. Seperti saat ini karena adanya Covid-19 sejak akhir tahun 2019. Seperti hal tersebut membuat manajemen melakukan tindakan-tindakan untuk terus memepertahankan keberlangsungan perusahaan. Bagaimana manajemen dapat mengelola perusahaan agar mampu bertahan dalam kondisi yang tidak dapat diperkirakan seperti saat ini. Salah satu upaya untuk mengetahui performa perusahaan adalah dengan mengetahui kinerja keuangan tersebut. Untuk mengetahui kinerja keuangan dari sebuah perusahaan adalah dengan menganalisa laporan keuangan, salah satu alat analisis laporan keuangan adalah metode Du Pont System. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana perusahaan dalam mengelola efektivitas kinerja keuangan untuk menghasilkan laba yang diperoleh dari penggabungan NPM dan TATO yang kemudian kinerja keuangan tersebut ditandai dari ROI. PT.Sido Muncul Tbk merupakan objek yang digunakan dalam penelitian ini. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi. Dengan menggunakan Analisis Du Pont kinerja keuangan perusahaan PT. Sido Muncul Tbk dari tahun 2015-2020 telah dikelola secara optimal walaupun nilai NPM dan TATO fluktuatif namun nilai ROI stabil. Sehingga dapat disimpulkan perusahaan dapat mengelola kinerja keuangan perusahaan dengan baik.

References

Anwar Mokhamad. (2019). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Pertama Cetakan Pertama. PRENADAMEDIA GROUP. Jakarta.
Bungis, M. Burhan. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Edisi Kedua Cetakan Kesembilan. KENCANA PRENAMEDIA Grup. Jakarta.
Fahmi, Irham. (2017). Analisis Kinerja Keuangan. Cetakan Keempat. ALFABETA,cv. Bandung.
Harahap, Sofyan Syafari. (2018). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Cetakan Keempat Belas. PT Rajagrafindo Persada. Depok.
Harmono. (2016). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard. Cetakan Kelima. PT Bumi Aksara. Jakarta.
Hery. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ketiga. PT Grasindo. Jakarta.
Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kesepuluh. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Munawir, S. (2014). Analisa Laporan Keuangan. Edisi Keempat Cetakan Ketujuhbelas. Liberty.Yogyakarta
Riyanto, Bambang. (2016). Dasar-dasar Pembelajaran Perusahaan. Edisi Keempat Cetakan Kelimabelas. BPFE. Yogyakarta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Cetakan Keenam. ALFABETA, cv. Bandung
Syamsuddin, Lukman. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan, Cetakan Kesebelas. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Website : Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id
Website : PT. Sido Muncul Tbk www.sidomuncul.co.id

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

ana, mariyana. (2021). ANALISIS DU PONT SYSTEM UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PT. SIDO MUNCUL TBK PERIODE 2015-2020. OBOR: Oikonomia Borneo, 3(1), 66–71. https://doi.org/10.24903/obor.v3i1.1313

Issue

Section

Articles