Pengaturan Hak Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas

(STUDI PERBANDINGAN HUKUM ANTARA INDONESIA DENGAN AMERIKA)

  • Juniansyah Permana Haryadi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Taufiqurrohman Syahuri
Keywords: disabilitas, pendidikan inklusif, pendidikan disabilitas, essa,idea

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan pengaturan hak dari penyandang disabilitas tentang pendidikan dengan membandingkan pendidikan inklusif di Indonesia dengan Undang-Undang The Every Student Succeds Act (ESSA) dan Individuals With Disabilities Education Act (IDEA) yang ada di negara Amerika Serikat. Permasalahan utama penelitian ini adalah bagaimana regulasi pendidikan inklusif di Indonesia dapat lebih ditingkatkan dari kaca mata hukum serta hal-hal apa saja yang dapat dipelajari dari norma hukum Amerika Serikat terkait pendanaan yang kemudian dapat ditiru di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan apabila program pendidikan dalam Undang-Undang The Every Student Succeds Act (ESSA) section 1111 state plants diterapkan dan diadopsi di Indonesia serta diamandemenkan pada Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 dan Undang-Undang pendidikan nomor 20 Tahun 2003 maka pendidikan inklusif di Indonesia akan semakin baik. Kemudian, bila section 611 Individuals With Disabilities Education Act (IDEA) mengenai anggaran pendidikan bagi disabilitas bisa menjadi bagian dari ayat baru di Pasal 49 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, maka hal ini dapat menjamin tersedianya dana utuh bagi pelaksanaan pendidikan bagi penyandang disabilitas. Kontribusi utama dari penelitian ini adalah memberikan rekomendasi dasar hukum baru bagi Pemerintah untuk dapat memaksimalkan penyelenggaraan pendidikan bagi penyandang disabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiyanto, (2017). PENGANTAR PENDIDIKAN INKLUSIF BERBASIS BUDAYA LOKAL, Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP.

C. de Oliveira, Luciana, (2019). The Handbook of TESOL in K-12, United State of America : Wiley-Blackwell.

El Muhtai, Majda, (2015). Hak Asasi Manusia dalam Konstitusi Indonesia, Jakarta : Kencana.

Gunakaya, Widiada, (2017). HUKUM HAK ASASI MANUSIA, Yogyakarta : Penerbit Andi.

M. Pd, Dr. Idamurni, (2015). PENDIDIKAN INKLUSIF solusi dalam Mendidik anak berkebutuhan khusus, Jakarta : Penerbit Kencana.

Soekanto, Soerjono, (2018). Pengantar Penelitian Hukum, Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Syahuri, S.H., M.H., DR. Taufiqurrahman, (2011). TAFSIR KONSTITUSI Berbagai Aspek Hukum, Jakarta : Kencana.

A .Priamsari, RR. Putri, (2019). Hukum Yang Berkeadilan Bagi Penyandang Disabilitas, MASALAH-MASALAH HUKUM, Vol. 48, No. 2.

Afifah, Wiwik dan Hadi, Syofyan, (2018). PENGATURAN HAK PENDIDIKAN DISABILITAS (sebagai persiapan penerapan teknologi berkemanusiaan, IPTEK: Journal of Proceedings Series, Vol. 14, No. 28.

Ari Atu Dewi, Anak Agung Istri, (2018). “ Aspek Yuridis Perlindungan Hukum dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas , Pandecta: Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, Vol. 13, No. 1.

Hamadi, Jazim, (2016). Perlindungan Hukum terhadap Disabilitas dalam Memenuhi Hak Mendapatkan Pendidikan dan Pekerjaan, Jurnal Hukum Quai Iustum, Vol. 23, No. 4.

Herawati, Nenden Ineu, (2010). PENDIDIKAN INKLUSIF, Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, Vol. 2, No. 1.

M. Ag, Drs. Khairrudin, (2020). PENDIDIKAN INKLUSIF DI LEMBAGA PENDIDIKAN, Jurnal Tarbiyah, Volume 9 Nomor 1.

Muchtar, Henni, (2015). ANALISIS YURIDIS NORMATIF SINKRONISASI PERATURAN DAERAH DENGAN HAK ASASI MANUSIA, Jurnal Elektronik: Universitas Negeri Padang, Vol. 14, No. 1.

Nadziroh, Nadziroh, Chairiyah, Chairiyah dan Pratomo, Wachid, (2018). HAK WARGA NEGARA MEMPEROLEH PENDIDIKAN DASAR DI INDONESIA, TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol 4, No 3.
Notopraytino, Maya dan Jalil, Faridah, (2019). The Rule of Law for the Right to Inclusive Education in Indonesia, Padjajaran Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 6, No. 3.

Pudyatmoko, Y Sri & Dewi, Imma Indri, (2017). PENGANGGARAN KEUANGAN DAERAH YANG BERPIHAK PADA PEMENUHAN HAK-HAK PENYANDANG DISABILITAS DI KOTA SURAKARTA, Mimbar Hukum, Volume 29 Nomor 1.

Purnomosidi, Arie, (2017). KONSEP PERLINDUNGAN HAK KONSTITUSIONAL PENYANDANG DISABILITAS DI INDONESIA, Refleksi Hukum: Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 1, No. 2.

Salim, Abdul, (2010). Pengembangan Model Modifikasi Kurikulum Sekolah Inklusif Berbasis Kebutuhan Individu Peserta Didik, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, No. 7.

Sudika Mangku,Dewa Gede, (2020). Perlindungan Hukum Terhadap Anak-Anak Disabilitas Terkait Hak Pendidikan di Kabupaten Buleleng, Jurnal Magister Hukum Udayana, Vol. 9, No. 2.

Convention on the Rights of Persons with Disabilities 2018.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.
Salamanca Statement 1994.
Surat Edaran Dirjen Dikdasmen Depdiknas No.380/C.66/MN/ 2003 mengenai pendidikan inklusif.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301)
Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak (Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 297).
Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 165, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3886).
The Every Student Succeds Act (ESSA).
The Individuals with Disabilitites Education Act (IDEA).
Citation, (2015), 2015 United States Federal Budget, https://en.m.wikipedia.org/wiki/2015_United_States_federal_budget, diakses pada 22 September 2020.
Editor, (2019). Alokasi Dana Pendidikan 20% APBN, Begini Caranya Biar Tepat Sasara, https://news.detik.com/adv-nhl-detikcom/d-4669262/alokasi-dana-pendidikan-20-apbn-begini-caranya-biar-tepat-sasaran, diakses pada 24 September 2020.
JD, Andrew M.I.Lee, (2020), Every Student Succeeds Act (ESSA): What You Need To Know, https://www.understood.org/en/school-learning/your-childs-rights/basics-about-childs-rights/every-student-succeeds-act-essa-what-you-need-to-know, diakses pada 24 September 2020.
JD, Andrew M.I.Lee, (2020), The 13 disability categories under IDEA, https://www.understood.org/en/school-learning/special-services/special-education-basics/conditions-covered-under-idea, diakses pada 27 November 2020.

Saleh, Tahir, (2019), Ini Fakta Mencengangkan Kaum Disabilitas di Pendidikan!, https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/ini-fakta-mencengangkan-kaum-disabilitas-di-pendidikan, diakses pada 18 September 2020.

University of Washington (WU) , (2019), What is Individuals with Disabilities Education Act?, https://www.washington.edu/doit/what-individuals-disabilities-education-act, diakses pada 2 Desember 2020.
Published
2021-07-21
How to Cite
Permana Haryadi, J., & Syahuri, T. (2021). Pengaturan Hak Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas: (STUDI PERBANDINGAN HUKUM ANTARA INDONESIA DENGAN AMERIKA). Yuriska : Jurnal Ilmiah Hukum, 13(1), 30-47. https://doi.org/10.24903/yrs.v13i1.1230
Section
Articles