Pengaruh Produk, WOM, Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Jasa Pendidikan di Universitas Widyagama Mahakam Samarinda

  • Siti Fatimah Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Erni Setiawati Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Mardiono Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pengaruh Produk, WOM, Kualitas Layanan, dan Harga Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam memilih Jasa Pendidikan di Universitas Widyagama Mahakam Samarinda. pengambilan teknik sampel menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel 97 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, data yang disajikan adalah data yang diperoleh dari hasil jawaban responden, menggunakan alat bantu hitung dengan program SPSS versi 23 dan menganalisis nilai regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan Variabel Produk (X1), WOM (X2), Kualitas Layanan (X3) dan Harga (X4) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y), tetapi hanya Variabel WOM dan Harga saja yang memiliki hasil signifikan dan nilai dari Variabel WOM yang paling dominan.
Keeratan hubungan Produk, WOM, Kualitas Layanan dan Harga terhadap Keputusan Mahasiswa dalam memilih Jasa Pendidikan di Universitas Widyagama Mahakam Samarinda sebesar 0,373, dengan nilai dari tabel interprestasi koefesien korelasi 0,200 – 0,399. Hal ini mampu menjelaskan bahwa adanya hubungan yang rendah antara Produk, WOM, Kualitas Layanan dan Harga terhadap Keputusan Mahasiswa dalam memilih Jasa Pendidikan di Universitas Widyagama Mahakam Samarinda.
Produk, WOM, Kualitas Layanan dan Harga berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian sebesar 13,9%. Hasil ini menunjukkan bahwa 133,9%, yang mempengaruhi keputusan mahasiswa oleh faktor Produk, WOM, Kualitas Layanan dan Harga sedangkan sisanya 86,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini.

Published
2021-07-24
How to Cite
Fatimah, S., Setiawati, E., & Mardiono. (2021). Pengaruh Produk, WOM, Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Jasa Pendidikan di Universitas Widyagama Mahakam Samarinda. OBOR: Oikonomia Borneo, 1(1), 195-202. https://doi.org/10.24903/obor.v1i1.556
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>