PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN SAMBAL LALAP DI SAMARINDA

  • Krisdayanti
  • Suyanto Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
Keywords: Product Quality, Service Quality, Price

Abstract

This study aims to determine whether there is an influence between the variables of Product Quality (X1) Service Quality (X2), Price (X3) and Halal Label (X4) on Consumer Satisfaction (Y). The results of this study show that Product Quality (X1) and Price (X3) variables partially have an influence on Consumer Satisfaction (Y) while Service Quality (X2) and Halal Label (X4) variables partially have no effect on Consumer Satisfaction (Y) . Then based on the F test, the results obtained 63,934> 2,470 meaning that the variables of Product Quality (X1), Service Quality (X2), Price (X3) and Halal Label (X4) affect Consumer Satisfaction (Y). Then the value obtained is that the value of R2 (R Square) has an effective contribution of 0.729 (72.9%) which means that 4 variables in this study are Product Quality (X1) Service Quality (X2), Price (X3) and Halal Label (X4). has an effective contribution of 72.9% to Consumer Satisfaction (Y).

References

Alma, Buchari, (2017), Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung
Andriani, Lilik, (2018), Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Bandar Lampung, Skripsi (S1), Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Lampung, Bandar Lampung
Assauri, Sofjan, (2004), Manajemen Pemasaran, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Atmad, Arista Jati, (2001), Layanan Prima Dalam Praktik Saat Ini, Edisi 1, ANDI, Yogyakarta.
Kotler, Philip & Amstrong, Gary, (2008), Prinsip-Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.
Kurniawati, Linda, (2018), Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Kosmetik Wardah Pada Mahasiswi Fakultas Syariah Jurusan Muamalah IAIN Ponorogo, Skripsi (S1), Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri, Ponorogo.
Lovelock & Wright, (2005), Manajemen Pemasaran Jasa, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta Malau Harman, (2017), Manajemen Pemasaran, Alfabeta, Bandung.
Misbahudin Dan Iqbal Hasan, (2013), Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, PT. Bumi Aksara, Jakarta
Rambat, Lupiyoadi & Hamdani, (2001), Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.
Ratminto & Septi, Atik Winarsih, (2005), Manajemen Pelayanan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Shita Agustina, (2019), Manajemen Pemasaran, Universitas Brawijaya Press, Malang
Sholahuddin, Muhammad, (2011), Kamus Istilah Ekonomi, Keuangan, & Bisnis Syariah, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sudjarwo Dan Basrowi, (2009). Manajemen Penelitian Sosial, CV. Mandar Maju, Bandung
Sugiyono, (2009), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung
Suharno & Yudi Sutarso, (2013), Marketing In Practice, Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman, Samarinda
Sukmawati Rina, (2018), Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Layanan, Terhadap Kepuasan Konsumen Garden Coffe Koprasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, Vol 7, No. 2
Sunyoto, Danang, (2014), Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran, CAPS, Yogyakarta.
Suryati Lili, (2015), Manajemen Pemasaran Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen, DEEPUBLISH, Yogyakarta
Suyanto, M, (2007), Marketing Strategy, Penerbit ANDI, Yogyakarta.
Taufiq, M Amir, (2005), Dinamika Pemasaran, PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Tika Pabundu, (2006), Metodologi Riset Bisnis, PT. Bumi Aksara, Jakarta Tjiptono Fandy, (2000), Manajemen Jasa, ANDI, Yogyakarta
Tjiptono Fandy, (2005), Service Quality & Statisfaction, ANDI, Yogyakarta
Tjiptono Fandy, (2006), Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Penerbit ANDI, Yogyakarta.
Tjiptono Fandy, (2019), Service Marketing (Esensi & Aplikasi), Edisi 1, Marknesis, Yogyakarta
Triton, PB, (2005), SPSS 13.0 Terapan. Riset Statistik Parametrik, Andi Ofset, Jojakarta
Utami, W. B., (2013) Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Membeli (Survey Pada Pembeli Produk Kosmetik Wardah Di Outlet Wardah Griya Muslim AnNisa Yogyakarya) Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol 03, No 3 Oktober
Vivit Nurul Hapsari, (2018) Pengaruh Label Halal, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening, Skripsi (S1), Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Widarti Tias & Ibrahin Marianty, (2017), Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Donat Madu, Jom FISIP, Vol 04, No 2 Oktober
Wijaya Cynthia Violita, (2017), Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Depot Madiun Masakan Khas Bu Rudy, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol 5, No 1
Yamit Zulian, (2001), Manajemen Kualitas Produk & Jasa, EKONISIA, Yogyakarta.
Published
2021-10-30
How to Cite
Krisdayanti, & Suyanto. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN SAMBAL LALAP DI SAMARINDA. OBOR: Oikonomia Borneo, 3(2), 1-12. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/index.php/oikonomia/article/view/1422
Section
Articles