PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Pada Tahun 2017-2020)

Authors

  • MIRNAWATI UNIVERSITAS WIDYA GAMA MAHAKAM SAMARINDA
  • MUHAMMAD ASTRI YULIDAR ABBAS UNIVERSITAS WIDYA GAMA MAHAKAM SAMARINDA
  • Reslianty Rachim UNIVERSITAS WIDYA GAMA MAHAKAM SAMARINDA

DOI:

https://doi.org/10.24903/obor.v3i1.1204

Keywords:

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Kinerja Keuangan, Return On Equity, Return On Asset

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan farmasi dengan mewakili Return On Equity dan Return On Asset pada perusahaan faermasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu mengumpulkan, mengolah, menyederhankan, menyajikan dan menganalisis laporan keuangan pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2020. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility sebagai variabel Independen dan Return On Equity serta Return On Asset sebagai variabel dependen. serta menggunakan alat analisis statistik dengan bantuan program Excel dan program komputer SPSS ver. 22 untuk mengetahui pengaruh dan hubungan masing-masing variabel.

Dari hasil penelitian pertama, diketahui bahwa pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan yaitu Return On Equity berpengaruh negatif signifikan yang dimana hipotesis yang diajukan sehingga H₁ ditolak, sedangkan hasil penelitian kedua, diketahui bahwa pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan Return On Asset tidak berpengaruh signifikan yang dimana hipotesis yang telah diajukan sehingga H₂ ditolak.

References

Abbas, M. A. Y., & Firdaus, R. R. PENGARUH MINAT PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY OVO DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MATAHARI DEPARTMENT STORE SAMARINDA

Aprianti, D. I. (2017). Pendampingan Usaha Kecil Menengah Industri Kecil Menengah Tiara Dezzy. Jurnal Abdimas Mahakam, 1(1), 1-71.

Aprianti, D. I. PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN EKUITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA KOSMETIK MAYBELLINE DI SAMARINDA.

Aprianti, D. I., & Reonald, N. IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILTY THE BODY SHOP INDONESIA SEBAGAI STRATEGI PASAR.

Aprianti, D. I., & Yulidar, M. A. Implementasi Analisa Jabatan Pada Tenaga Kependidikan Di Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda.

Azli, Mohd Noor, Azizi & Noor. (2009). Pelaporan Keuangan Menerusi Internet: Perspektif Teori Kontingensi, Jurnal Kemanusiaan Bil 14 Dis 2009, Malaysia.

Buntu, O. F. S., Abbas, M. A. Y., & Riyanto, A. PENGARUH ARUS KAS OPERASI DAN LABA BERSIH TERHADAP DIVIDEN KAS PADA PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2020.

Bursa Efek Indonesia. Laporan Keuangan Tahunan 2017, 2018, 2019, 2020. (diakses di http://www.idx.co.id)

Chairuddin, S., Riadi, S. S., & Hariyadi, S. S.(2015). Antecedent Work Engagement and Organizational Commitment to Increase the Outsourcing Employees Performance in Department of Cleanliness and Horticultural. European Journal of Business and Management, 7(14), 1-14.

Dachlan, R. S., & Reksa, R. R. ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIANDAN PENGUPAHAN PADA KOPERASI TKBM KARYA KALTIM BONTANG.

Ermayanti, Dwi (2009). Kinerja Keuangan Perusahaan. Harian Kompas, 15 Oktober 2009. (diakses di http://www.dwiermayanti.wordpress.com).

Ghozali,I. dan A.Chariri. (2007). Teori Akuntansi. Semarang. Badan Penerbit Undip.

Hanifah, H. Lestari, R. Nurlaeli. Pengaruh Kinerja Keuangan dan Tingkat Profitabilitas terhadap Pengungkapan Pertanggung Jawaban Sosial. (2005). Prosiding Akuntansi.

Hutauruk, M. R., Ghozali, I., & Sutarmo, Y. (2020). The factors impact on prospective client to make a decision using the accountant service office (“KJA”) in Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 2200-2206.

Hutauruk, M. R., Ghozali, I., & Sutarmo, Y. (2020). The factors impact on prospective client to make a decision using the accountant service office (“KJA”) in Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 2200-2206.

Hutauruk, M. R., Ghozali, I., Aprianti, D. I., Reonald, N., & Mushofa, A. (2020). Marketing mix and customer satisfaction in its role toward customer loyalty through environmental accounting moderation. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 996-1001.

Lyan, M. R., Yulidar, M. A., & Syafariansyah, R. ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODAL KERJA PADA PT. METRODATA ELECTRONICS TBK.

Mardiono, M., & Safitri, O. A. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SERVICE CHARGE, KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PRINCIPAL PERUM JAMKRINDO CABANG SAMARINDA.

Prihadi, T. (2008). Deteksi Cepat Kondisi Keuangan: 7 Analisis Rasio Keuangan, Penerbit PPM, Jakarta.

PT. Justika Siar Republika. (2007). Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. (diakses di http://www.hukumonline.com).

Rachim, R., & ZULKIFLI, Z. The Influence of Service Quality and Brand Image on Customer Satisfaction (Case Study at Bankaltimtara).

Rahman, Paud Aulia. Relevansi nilai laba dan niilai buku: Peran Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Dewan Komisaris Independen. (2011). Simposium Nasional Akuntansi XIV. Aceh

Rahmatiah, S. A., Abbas, M. A. Y., & Pardede, P. P. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PADA BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN PASER TAHUN 2020.

Reonald, N. (2016). Pengaruh reputasi perusahaan rental dan relationship value terhadap kepercayaan dan komitmen serta loyalitas perusahaan pengguna jasa persewaan kendaraan di provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Ekonomika, 5(2), 90-104.

Rohmah, S., Abbas, M. A. Y., & Hibatullah, M. F. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020.

Sembiring, E. R. (2005). Perkembangan Corporate Social Responsibility. Simposium Nasional Akuntansi VIII. Indonesia.

Setiawati, E., Syafariansyah, R., Furiawan, L., Setiani, K., & Nirwany, H. (2019). ANALISIS MULTIPLIER EFFECT PAJAK, INVESTASI DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KALIMANTAN TIMUR. Jurnal Ekonomika.

Sudana, I Made. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Edisi Kedua. Erlangga. Jakarta

Suyanto, S. S., Hariyadi, S., & Suharto, R. B. (2021). Factors Affecting Work Stress And Performance With Compensation Moderation In Working Load Relationships On The Performance Of Private Teachers In East Kalimantan. PSYCHOLOGY AND EDUCATION, 58(1), 2398-2411.

Suyanto, Y., & Rasyid, M. K. N. ANTESEDEN STRES KERJA PADA DOSEN SWASTA DI SAMARINDA.

Syafariansyah, R. (2016). ANALISIS REALISASI ANGGARAN BIAYA BAHAN BAKU PROYEK REHAB GEDUNG PLN TENGGARONG TAHUN 2015 PADA CV. RAJAWALI ADI PUTRA.

Wahyuti, S., & Rini, E. S. U. ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN MODAL KERJA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN PADA PT. AGUNG PODOMORO LAND Tbk.

Zulkifli, Z. U. L. K. I. F. L. I., & Rachim, R. E. S. L. I. A. N. T. Y. (2019). Tinjauan Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (Rat) Pada Koperasi Di Kalimantan Timur Tahun 2017. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari’ah, 8(2), 12

Zulkifli, Z. U. L. K. I. F. L. I., & Rachim, R. E. S. L. I. A. N. T. Y. (2019). Tinjauan Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (Rat) Pada Koperasi Di Kalimantan Timur Tahun 2017. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari’ah, 8(2), 12.

Zulkifli, Z., & Solot, M. G. (2019). Pengaruh Customer Offline dan Customer Online Terhadap Penjualan Pada Toko 3 Second Plaza Mulia Samarinda. J. Ekon. Manajemen, Akuntansi, dan Perbank. Syari’ah, 7(1), 43.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

MIRNAWATI, ABBAS, M. A. Y., & Rachim, R. (2021). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Pada Tahun 2017-2020). OBOR: Oikonomia Borneo, 3(1), 86–91. https://doi.org/10.24903/obor.v3i1.1204

Issue

Section

Articles