PENGARUH PERPUTARAN KAS, PERPUTARAN PIUTANG, PERPUTARAN PERSEDIAAN DAN PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR INDUSTRI ROKOK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020

Authors

  • Maria Rosalinda Linda Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Martinus Robert Hutauruk Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Pantas Pangondian Pardede Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/obor.v4i1.1034

Keywords:

PERPUTARAN KAS, PERPUTARAN PIUTANG, PERPUTARAN PERSEDIAAN, PERPUTARAN MODAL KERJA, PROFITABILITAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran kas perputaran piutang, perputaran persediaan dan perputaran modal kerja terhadap profitabilitas sub sector industry rokok yang terdaftar dibursa efek Indonesia periode 2016-2020. Metode penelitian ini menggunakan asosiatif dengan metode survei dan menggunakan alat analisis regresi linear berganda.

            Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan rokok yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2016-2020. Metode pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh dan diperoleh 4 perusahaan sebagai sampel.

            Berdasarkan hasil pengujian secara parsial (uji t), variabel perputaran kas dan perpeputaran persediaan berpengaruh terhadap profitabilitas sedangkan perputaran piutang dan perputaran modal kerja secara parsial tidak berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sector industry rokok yang terdaftar dibursa efek Indonesia. Sedangkan hasil pengujian secara simultan (uji f) variabel perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan dan perputaran modal kerja secara simultan berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sector indsutri rokok yang terdaftar dibursa efek Indonesia.

References

Herry.(2016).AnaIisis Iaporan Keu-angan.Grasindo, Jakarta.

Hery.(2015). Analisis Laporan.Keuangan Pendekatan Rasio.Keuangan. CAPS (Center of Academic.Publishing Service). Ko-ta.iYogyakarta.

Hutahuruk,Martinus Robert.(2019).Akuntansi EntitasiManufaktur Konsep, Teknik,udan ApIikasi Menggunakan ProgramiZahir 6. Penerbit UPP STIM YKPNi. Yogyakarta.
Martini, Dwi et aI.(2014). Akuntansi Keu-angan Menengah Berbasis PSAK. Peerbit SaIemba Empat. Jakarta.

MatildaiAmaral Canizio.(2017). Pengaruh Perputaran.Kas, PerputaraniPiutang, Per-putaran.Persediaan Terhadap.Profitabilitas pada Supermarket.di Timor Leste. E-Jurnal Ekonomi.dan Bisnis UniversitasiUdayana 6(10), 3527-3548.

NainggoIan, eIsa Reina.(2020). Pengaruh PerputaraniKas, Perputaran ModaI kerja dan Perputaran Rasio Iancar Terhadap Profita-biIitas PadaiPerusahaan Manufaktur YangiTerdaftar Di Bursa EfekiIndonesia Pa-da Tahuni2015-2017. Owner Riset & JurnaI Akuntansi. VoI 4 No 2 ISSN:2548-9224.

Rena, Nova.(2021). AnaIisis Perputaran.Kas, Perputaran Piutang Dan.Perputaran Perse-diaaniTerhadap ProfitabiIitas PadaiPerus-ahaan YanguTerdaftar Di BEI,Skripsii (S1), Akuntansi, FakuItas ilmu Sosial Dan Hu-maniora, Universitas Putera Batam.
RiriniArianti dan.N. Rusnaeni. (2018). PengaruhiPerputaran Piutang,iPerputaran Kas dan PerputaraniPersediaan Ter-hadapiProfitabilitas PT. UltrajayauMilk In-dustry & TradingiCompany, Tbk. Proseding SeminariNasional Akuntansi 1(1).

Sudana, IIMade.(2015). Teori & Pratik Ma-najemenIKeuangan Perusahaan. ErIangga, Jakarta.

SunyotouDanang.(2013). Metode PeneIitian Akuntansi.uPT Refika Aditama, Jogajakarta.

TionguPiter(2017). Pengaruh PerputaraniPi-utang terhadapuProfitabilitas pada Perus-ahaan PTuMitra Phinastika Mustika Tbk.iJurnal Program Pasca Sarjana STIEiAMKOP Makassar.

WidiasmorouRio.2017. Pengaruh Perputaran Kas,uPerputaran Piutang,udan Perputaran Persediaanuterhadap ProfitabilitasuROA pa-da Perusahaan ManufakturuyangiTerdaftar di Bursa Efek IndonesiaiTahun 2011-2014. Jurnal MahasiswaiProdi Akuntansi Fakultas-uEkonomi, UNSA.
https://www.idx.co.id
https://www.gudanggaram.co.id
https://www.bentoelgroup.com
https://www.wismilak.com
https.www.sampoerna.com

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Linda, M. R., Robert Hutauruk, M., & Pangondian Pardede, P. (2022). PENGARUH PERPUTARAN KAS, PERPUTARAN PIUTANG, PERPUTARAN PERSEDIAAN DAN PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR INDUSTRI ROKOK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020. OBOR: Oikonomia Borneo, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.24903/obor.v4i1.1034

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>