Dampak Pembangunan Malang Town Square (Matos) di Tinjau dari segi Hukum Administrasi Negara

Authors

  • Kevin Herma Nadia Universitas Islam Malang
  • Dewi Mufarihah Universitas Islam Malang
  • Najmatul Ulla Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.24903/fpb.v4i1.738

Keywords:

Pembangunan Pusat perbelanjaan, Dampak Pembangunan, Hukum Administrasi Negara

Abstract

Kecenderungan untuk mengupayakan efektifitas komersil megakibatkan terjadinya pergeseran wadah bagi kegiatan perdagangan. Sehingga sistem seperti pertokoan linier (Shopping Street) maupun pasar tradisional perlahan mulai ditinggalkan, semua itu dialihkan dengan munculnya suatu pusat perbelanjaan modern yaitu mall. Yang tidak hanya menyediakan kelengkapan, kenyamanan, kemudahan serta efektifitas komersil yang tinggi. Kota malang merupakan kota yang dianggap seperti salah satu metrpolitan yang dapat disejajarkan dengan surabaya dan jakarta, tidak heran jika malang cukup banyak menjadi incaran para perusahaan untuk membangun sebuah pusat perbelanjaan yang besar sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dikota tersebut. Perancanagan pembagunan pusat perbelanjaan di kota malang berdasarkan pada konsep fungsi yang diwadahi kebijakan publik ditinjau dari lokasi pendiriannya yaitu di dekat bangunan edukasi maupun daerah resapan air menjadikan pro dan kontra atas pembangunan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan intervensi dampak yang yang ditimbulkan pembangunan pusat perbelanjaan Malang Town Square yang didirikan pada letak yang menjadi kontrofers dikalangan pelajar maupun masyarakat disekitar ditinjau dari hukum administrasi negara itu sendiri. Metode penelitian ini menggunakan metode diskriptif. Data yang digunakan diperoleh melalui penelusuran kepustakaan, pengamatan, dokumentasi yang relevan.

Author Biographies

Kevin Herma Nadia, Universitas Islam Malang

Ilmu Administrasi Publik

Dewi Mufarihah, Universitas Islam Malang

Ilmu Administrasi Publik

Najmatul Ulla, Universitas Islam Malang

Ilmu Administrasi Publik

References

Hayat, Dkk. (2018). Reformasi Kebijakan Publik prespektif Makro dan Mikro. Malang: PRENADAMEDIA GROUP

Moleong, Lexy J. (2001), Metode Penelitian Kualitatif, cetakan keempatbelas, Bandung: PT Remaja Rosdakarya (anggota IKAPI).

Sugiono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: PT. Alfabeta

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Lailiyah, Nadia, 2005, “Aspek Pembangunan Malang Town Square Dan Dampaknya Terhadap Lingkungan Sosial Masyarakat (Studi Deskriptif pada Masyarakat Sekitar Kelurahan Penanggungan Kecamatan Klojen Kota Malang) ”, Journal Of Public Administration.

Downloads

Published

2019-05-01

How to Cite

Nadia, K. H., Mufarihah, D., & Ulla, N. (2019). Dampak Pembangunan Malang Town Square (Matos) di Tinjau dari segi Hukum Administrasi Negara. FisiPublik: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.24903/fpb.v4i1.738

Issue

Section

Articles