The Effectiveness of Digital Campaigns in Delivering GenRe Program Information during the COVID-19 Pandemic

  • Lambok Hermanto Sihombing President University
  • Adithiya Wiradinatha Saputra President University
Keywords: : Efektivitas; Kampanye Digital; COVID-19; Program Generasi Berencana (GenRe); Media sosial

Abstract

Artikel ini membahas tentang efektivitas penyampaian program Generasi Berencana (GenRe) di masa pandemi Coronavirus Disease-19 (COVID-19). Program GenRe merupakan salah satu program yang digagas oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional untuk menjawab permasalahan pembangunan manusia khususnya pemuda dalam menghadapi Indonesia emas tahun 2045. Penyajian informasi program GenRe semakin menantang karena adanya pandemi COVID-19 yang membatasi pertemuan tatap muka sehingga penyampaian informasi program GenRe dimaksimalkan melalui media sosial khususnya Instagram dan YouTube sebagai implementasi kampanye digital. Kajian ini akan membahas tentang efektivitas kampanye digital dalam menyampaikan informasi program GenRe di masa pandemi COVID-19. Data yang digunakan berasal dari media sosial Instagram dan YouTube dengan teknik random sampling dengan memperhatikan jumlah viewer/tingkat interaksi. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti akan menggunakan Media Theory yang lebih dikenal dengan Media Ecology Theory yang dikemukakan oleh Marshall McLuhan. Dari hasil analisis, penggunaan media sosial Instagram dan YouTube cukup efektif dalam melaksanakan kampanye digital karena pengemasan konten yang kreatif dan mampu menarik minat khalayak

References

Ayun, P. Q. (2015). Fenomena remaja menggunakan media sosial dalam membentuk identitas. Jurnal Channel, 3(2), 1-16.
Hidayat, F. P. (2020). Aktualisasi Diri Mahasiswa di Dalam Media Sosial Instagram.
Ihsan, A. (2018). Efektifitas komunikasi akun facebook @erjemedia dalam menyebarkan informasi dakwah. JOM FISIP, 5(1), 2.
Khairunnas, D. K. K. (2013). Menyiapkan generasi emas, Panduan Konseling Pranikah. BKKBN: Jakarta Timur.
Las Priyanti, I. (2021). EFEKTIVITAS “PROGRAM GenRe” DALAM PENCEGAHAN PERNIKAHAN DINI PADA SISWA SMK 2 GEDANGSARI. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2), 265-269.
Loupatty, F. J. I. (2022). Strategi Komunikasi di Masa Pandemi COVID-19 dengan menggunakan Komunikasi Non-verbal. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 10(1), 1-16.
Nurmila, S., & Rahmawati, R. (2017). Pengaruh Strategi Komunikasi Dan Efektivitas Pesan Program Genre Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Di Kecamatan Caringin. Jurnal Komunikatio, 3(1).
Pyas, D. W., & Satlita, L. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Program Generasi Berencana dalam meningkatkan kesehatan reproduksi remaja di Kota yogyakarta. NATAPRAJA, 5(1).
Syabrina, R. A. N. (2018). Efektivitas dan efisiensi komunikasi pada penyelenggaraan festival damar kurung gresik tahun 2017 (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Yoni, N. L. K. D. P., Pascarani, N. N. D., & Joni, I. D. A. S. (2017). Strategi Komunikasi Melalui Media Sosial dalam Pembentukan Citra Balebengong sebagai Media Jurnalisme Warga. E-Jurnal Medium, 1(1).
Published
2022-05-31
How to Cite
Sihombing, L. H., & Saputra, A. W. (2022). The Effectiveness of Digital Campaigns in Delivering GenRe Program Information during the COVID-19 Pandemic. FisiPublik : Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 7(1), 257-270. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/index.php/fisipublik/article/view/1537
Section
Articles