DAMPAK KOMUNIKASI POLITIK DAN OPINI PUBLIK TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT

  • elisabet Universitas Kristen Indonesia
  • Chontina Siahan Universitas Kristen Indonesia
Keywords: Komunikasi Politik, Opini Publik, Media, dan Keterlibatan Masyarakat

Abstract

Salah satu tujuan komunikasi politik saat ini adalah pembentukan opini publik. Hal ini ditambah bahwa sekarang manusia hidup di tengah-tengah era keterbukaan dan transparansi, seperti contohnya di Indonesia dewasa ini. Komunikasi politik yang dilakukan para elit politik tidak akan berjalan maksimal tanpa pembentukkan opini publik. Popularitas para kandidat politik tidak akan naik jika tidak ditunjang oleh signifikannya opini dari publik terhadap mereka. Karena itu, komunikasi politik dan opini publik memeliki keterkaitan yang erat karena keduanya saling menunjang. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana dampak komunikasi politik, opini publik, dan media terhadap perilaku masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di era digital ini media adalah sarana paling efektif dalam pembentukkan opini publik. Selain itu, partisipasi dan keterlibatan masyarakat di dalam dunia politik juga dipengaruhi oleh proses komunikasi politik dan opini publik yang beredar di tengah-tengah mereka.

References

Arifin, Anwar. (2011). Komunikasi Politik: Filsafat, Paradigma, Teori, Tujuan, Strategi, dan Komunikasi Politik Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
McNair, Brian. (2015). Pengantar Komunikasi Politik. Bandung: Nusa Media.
Moleong, Lexy. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nawawi, Hadari.(1997). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Susanto, Astrid. (1985). Komunikasi Sosial di Indonesia. Bandung: Bina Cipta.
Suwardi, Harsono. (2004). Konstruksi Realitas Politik dalam Media. Jakarta: Granit.
Shoemaker, Pamela dan Stephen Reese. (1996). Mediating the Message: Theories of Influences on Mass Media Content. New York: Longman Ltd.
Tabroni, Roni. (2012). Komunikasi Politik Pada Era Multimedia. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Published
2021-11-30
How to Cite
elisabet, & Siahan, C. (2021). DAMPAK KOMUNIKASI POLITIK DAN OPINI PUBLIK TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT. FisiPublik : Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 6(2), 1-15. https://doi.org/10.24903/fpb.v6i2.1202
Section
Articles