MANAJEMEN PEMERINTAHAN DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KARAWANG DALAM PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT

  • Mira Amalia Utari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Evi priyanti Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Pelayanan public; E-government; Karawang Regency

Abstract

Dalam suatu pemerintahan maupun organisasi pemerintah perlu adanya proses manajemen yang baik terutama dalam layanan publik. Peran pemerintah sangat penting diperuntukan dalam menyediakan layanan publik bagi masyarakat. Pemerintah harus bertanggung jawab dalam memberikan layanan yang terbaik guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. Keberadaan masyarakat menjadi tolak ukur dalam keberhasilan pelayanan publik yang dilakukan oleh penyelenggara layanan publik. Pelayanan publik yang baik adalah pelayanan yang didasarkan pada proses manajemen yang terkelola dengan baik pula. Permasalahan yang sering terjadi dalam pelayanan publik berbasis e-government ini biasanya terkait dengan adanya keterbatasan informasi pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat tidak mengetahui perkembangan informasi yang ada. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan mengetahui manajemen pelayanan publik berbasis e-government Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan pada empat fungsi manajemen pemerintahan yaitu perecanaaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Dapat disimpulkan bahwa manajemen pemerintahan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang dalam pelayanan publik berbasis e-government cukup efektif dalam pengembangan informasi melalui media sosial.

References

Nurdin, Ismail. (2019). Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik). Surabaya: Media Sahabat Cendekia
Moenir, H.A.S. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara
Nawawi, Zaidan. (2013). Manajemen Pemerintahan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: CV Mandar Maju
Sugiyono. (2019). Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Maleong, Lexy J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Creswell, John W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Di Antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rukayat, Yayat. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di Kecamatan Pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi No. 2 Tahun XI. https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jimia/article/view/32
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Published
2021-11-30
How to Cite
Utari, M. A., & priyanti, E. (2021). MANAJEMEN PEMERINTAHAN DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KARAWANG DALAM PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT . FisiPublik : Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 6(2), 1-10. https://doi.org/10.24903/fpb.v6i2.1200
Section
Articles