Analisis Profit Maksimum Usaha-usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Samarinda

Authors

  • erni setiawati
  • sri hasrindah taslim

Keywords:

profit maximum, total approach, marginal approach

Abstract

Analisis Profit Maksimum Usaha-Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Samarinda. Dasar teori dalam penelitian ini berdasarkan pada Teori Ekonomi Mikro tentang kuantitas produksi yang memberikan keuntungan maksimum (profit maximum).

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisa tercapai atau tidaknya kuantitas produksi (Q) yang memberikan keuntungan maksimum, serta besarnya kuantitas produksi (Q) yang memberikan keuntungan maksimum. Yang menjadi objek penelitian (populasi) adalah para pelaku UMKM di Kota Samarinda, dengan sampel sebanyak 11 UMKM. Data bersifat kuantitatif, bersumber langsung dari objek penelitian (data primer), yang dikumpulkan menggunakan instrumen kuisioner yang berisi data-data biaya operasional usaha.

Untuk menghitung profit maksimum menggunakan metode Total Approach, dengan cara menghitung selisih terbesar (maksimum) antara total penerimaan (TR) dengan total biaya (TC), sehingga membentuk persamaan fungsi profit (π = TR - TC), dan metode Marginal Approach, yaitu kondisi di mana penerimaan/pendapatan total marjinal sama dengan biaya total marjinal (MR = MC).

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dari 11 UMKM yang menjadi objek penelitian, usaha telah mencapai keuntungan (profit), namun belum mencapai keuntungan maksimum (profit maksimum). Diperlukan waktu kurang lebih 6 bulan produksi, agar bisa mencapai keuntungan maksimum.

Downloads

Published

2020-03-16

How to Cite

setiawati, erni, & taslim, sri hasrindah. (2020). Analisis Profit Maksimum Usaha-usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Samarinda. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 9(1), 1–6. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/ekonomika/article/view/861

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)