ANALISIS RASIO LIKUIDITAS DAN RASIO PROFITABILITAS PADA PT. MATAHARI DEPARTMENT STORE TBK & PT. RAMAYANA LESTARI SENTOSA TBK

  • M Astri Yulidar Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Devi Putri Milanda Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
Keywords: Rasio Keuangan, Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, Kinerja Keuangan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek serta melihat kemampuan dalam mencari keuntungan (laba) pada PT. Matahari Department Store Tbk dan PT. Ramayana Lestari Sentosa Tbk dengan menggunakan alat analisis berupa rasio likuiditas dan profitabilitas untuk periode tahun 2015 – 2017.

Berdasarkan hasil analisis PT. Matahari Department Store Tbk menunjukkan hasil yang kurang baik karena 2 dari 5 aspek rasio likuiditas menunjukkan nilai dibawah rata-rata standar industri sehingga hal tersebut menunjukkan kurang mampunya perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek dengan menggunakan aktiva lancar. Namun berdasarkan hasil analisis rasio profitabilitas menunjukkan nilai yang diperoleh diatas rata-rata walaupun terjadi penurunan disetiap periodenya. Hal tersebut menunjukkan bahwa perusahaan masih mampu dalam mengelola aktiva dan ekuitas serta margin laba bersih.

Kemudian rasio likuiditas yang diperoleh PT. Ramayana Lestari Sentosa Tbk menunjukkan hasil yang baik. Walaupun salah satu rasio yang berkaitan yaitu rasio perputaran kas cenderung stagnan dari 2015 hingga 2017 dengan nilai 1%. Akan tetapi hal tersebut menunjukkan bahwa perusahaan mampu untuk memenuhi kewajiban jangka pendeknya dengan menggunakan aktiva lancar. Namun berdasarkan hasil analisis rasio profitabilitas menunjukkan bahwa PT. Ramayana Lestari Sentosa Tbk mengalami peningkatan walaupun hasil dari semua aspek rasio profitabilitas tersebut menunjukkan nilai dibawah rata-rata standar. Hal tersebut menunjukkan bahwa perusahaan belum mampu dalam mengelola aktiva dan ekuitas serta margin laba bersih. Dengan demikian pernyataan penelitian yang diajukan tidak dapat diterima.

Published
2019-02-02
How to Cite
Yulidar, M. A., & Milanda, D. P. (2019). ANALISIS RASIO LIKUIDITAS DAN RASIO PROFITABILITAS PADA PT. MATAHARI DEPARTMENT STORE TBK & PT. RAMAYANA LESTARI SENTOSA TBK. Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 7(2), 81-102. https://doi.org/10.24903/je.v7i2.448
Section
Articles