PENGARUH PERCEIVED RISK TERHADAP PEMBELIAN ONLINE MELALUI JEJARING SOSIAL FACEBOOK

  • Maulita Maulita Dosen Politeknik Negeri Samarinda
  • Musdalifah Musdalifah Dosen Politeknik Negeri Samarinda
Keywords: perceived risk, keputusan pembelian, facebook

Abstract

Facebook merupakan salah satu media yang tidak hanya menyediakan fasilitas pertemanan tetapi juga memberikan fasilitas untuk melakukan pembelian secara online. Melalukan transaksi online melalui facebook memberikan beberapa kemudahan tetapi tetap saja mengandung unsur ketidakpastian sehingga menimbulkan resiko bagi konsumennya. Resiko dalam penelitian ini dilihat dari 8 dimensi yaitu Financial Risk, Psycological risk, Time risk, Privacy risk, Fraud risk, Product risk, Information risk, dan Delivery risk. Masing-masing dimensi ini diukur dengan menggunakan skala likert 1 sampai 6.

 Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda yang pernah menggunakan facebook untuk melakukan transaksi pembelian online dan pengumpulan data dilakukan dengan metode survey. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan regresi.

 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 8 dimensi resiko yang timbul dalam pembelian online, hanya fraud risk, information risk, dan delivery risk yang berpengaruh terhadap keputusan untuk melakukan pembelian produk online, sedangkan dimensi lainnya tidak berpengaruh.

Published
2017-10-25
How to Cite
Maulita, M., & Musdalifah, M. (2017). PENGARUH PERCEIVED RISK TERHADAP PEMBELIAN ONLINE MELALUI JEJARING SOSIAL FACEBOOK. Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 4(1), 46 -. https://doi.org/10.24903/je.v4i1.212
Section
Articles