ETIKA BISNIS DALAM ISLAM

Authors

  • Rujiansyah Rujiansyah Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/je.v4i1.209

Keywords:

Etika, Bisnis Islam

Abstract

Penulisan ini berisi tentang pentingnya etika bisnis dalam islam. Etika lebih bersifat teori, moral bersifat praktik. Yang pertama membicarakan bagaimana seharusnya, sendangkan yang kedua bagaimana adanya. Etika menyelidiki, memikirkan dan mempertimbangkan tentang yang baik dan buruk, moral menyatakan ukuran yang baik tentang tindakan manusia dalam kesatuan sosial tertentu. Etika memandang laku-perbuatan manusia secara universal, moral secara tempatan. Moral menyatakan ukuran, etika menjelaskan ukuran itu. Moral sesungguhnya dibentuk oleh etika. Ia merupakan muara atau buah dari etika.

Tentu dengan adanya pemaparan tentang etika bisnis Islam ini diharapkan mudah-mudahan para pebisnis muslim  sanggup menteladani junjungan besar Nabi Muhammad SAW dalam segala transaksi bisnis. Agar aktifitas bisnis yang dilakukan jauh dari sikap yang merugikan baik secara materil maupun moril

 

Downloads

Published

2017-10-25

How to Cite

Rujiansyah, R. (2017). ETIKA BISNIS DALAM ISLAM. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 4(1), 1 – 11. https://doi.org/10.24903/je.v4i1.209

Issue

Section

Articles