PENGARUH VARIABEL MAKRO EKONOMI TERHADAP PEMBIAYAAN DI BANK UMUM SYARIAH

  • Ria Andrianie Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Alifia Al Zahra Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
Keywords: Variabel makro ekonomi, Pembiayaan, Perbankan Syariah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perkembangan yang sangat siginifikan pada perbankan syariah pada lima tahun terakhir. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh bank syariah untuk terus bertahan hidup adalah menjaga market share pembiayaan dalam bersaing dengan bank konvensional yang telah berdiri lebih awal. Penting bagi setiap bank syariah untuk menelaah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat pembiayaan. Agar dapat mengambil keputusan yang tepat sebagai solusi dalam menghadapi persaingan antar bank dan agar bank syariah dapat selalu mempertahankan serta memperbaiki performa pembiayaannya sehingga dapat meningkatkan laba dari pendapatan penyaluran pembiayaan tersebut. Hal ini yang mendasari penulis untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel makro ekonomi terhadap pembiayaan di Bank Kaltimtara Syariah.

Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif yaitu penelitian yang menggunakan angka-angka baik yang secara langsung diambil dari hasil penelitian maupun dari data yang diolah dengan menggunakan analisis statistik yang dilakukan di Bank Kaltimtara Syariah. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam bentuk data time series. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini berupa data triwulan PDB, inflasi, BI Rate, nilai tukar rupiah, dan pembiayaan Bank Umum Syariah periode 2016 sampai 2020. Data tersebut bersumber dari website Bank Indonesia, dan Badan Pusat Statistik. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda yang perhitungannya menggunakan SPSS. Regresi dilakukan terhadap lima variabel, yaitu satu variabel dependen (Pembiayaan Bank Umum Syariah) dan empat variabel independent (Inflasi, PDB, BI Rate dan Nilai Tukar).

References

Abdurrahman bin Nashir as-Sa’id, Syaikh. 2016. Tafsir A-Qur’an. Jakarta: Darul Haq.
Amah, Nik. “Bank Syariah dan Umkm Dalam Menggerakkan Roda Perekonomian Indonesia: Suatu Kajian Literatur”, dalam Jurnal Akuntansi dan Pendidikan edisi no. 1, Vol. 2, April, 2013.
Ansori, Abdul Ghofur. “Sejarah Perkembangan Hukum Perbankan Syariah di Indonesia dan Implikasinya bagi Praktik Perbankan Nasional”, dalam Jurnal Ekonomi Islam edisi no. 2, Vol. II, Desember, 2008.
Arifin, Samsul dan Mayasya, Shany. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Amerika Serikat”, dalam Jurnal Ekonomi-Qu edisi no. 1, Vol. 8, 2018.
Firdaus, Rizal Nur. “Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Yang Mempempengaruhi Pembiayaan Bermasalah Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia”, dalam jurnal El-Dinar edisi no. 1, Vol. 3, Januari 2015.
Herlambang, Tedy, et. Al. 2001. Ekonomi Makro Teori, Analisis, dan Kebijakan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Huda, Nurul. 2008. Ekonomi Makro Islam: Pendekatan Teoritis. Jakarta: Kencana.
Karim, Adiwarman A. 2014. Bank Islam; Analisis fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Karim, Adiwarman A. 2006. Ekonomi Makro Islami. Jakarta: Raja Grafindo.
Kristiani Naibaho, Sri Mangesti Rahayu, “Pengaruh GDP, Inflasi, BI Rate, Nilai Tukar Terhadap Non Performing Loan Bank Umum Konvensional di Indonesia (Studi pada Bank Umum Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016”, dalam Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) No. 2, Vol. 62, 2018.
Rianto Al Arif, M. Nur. 2010. Teori Makroekonomi Islam. Jakarta: Alfabeta.
Rina NA, Rina dan Noni E, Siti. 2018. Metode Kuantitatif Praktis. Bogor: PT Bima Pratama Sejahtera.
Shabastian, Mariza dan Samuel, Hatane. “Pengaruh Strategi Harga dan Strategi Produk terhadap Brand Loyalty di Tator Cafe Surabaya Town Square”, dalam Jurnal Manajemen Pemasaran edisi no. 1, Vol. I, 2013.
Subagiyo, Rokhmat. 2017. Metode Penelitian Ekonomi Islam: Konsep dan Penerapan. Jakarta: Alim’s Publishing.
Sujarweni, V Wiratna. 2015. Statistik untuk Bisnis & Ekonomi. Surakarta: Pustaka Baru Press.
Sukirno, Sadono. 2016. Makroekonomi Teori Pengantar Edisi Ketiga. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Syahbudi, Muhammad. 2018. Buku Diktat Ekonomi Makro Perspektif Islam. Medan : FEBI UIN Sumatera Utara.
Tri Basuki, Agus dan Prawoto, Nano. 2019. Analisisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.
Undang-undang No. 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah
Wijaya, Toni. 2009. Analisisis Data Penelitian Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Yudaruddin, Rizky. 2014. Statistik Ekonomi. Yogyakarta: Interpena Yogyakarta.
Published
2022-09-29
How to Cite
Andrianie, R., & Al Zahra, A. (2022). PENGARUH VARIABEL MAKRO EKONOMI TERHADAP PEMBIAYAAN DI BANK UMUM SYARIAH. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 11(2), 320-333. https://doi.org/10.24903/je.v11i2.1583
Section
Articles