EVALUASI PELAKSANAAN SISTEM DAN PROSEDUR PEMBERIAN KUR UNTUK UMKM PADA BANK BRI MUARA ANCALONG TENGGARONG

  • Pantas Pangondian Pardede
  • Rosalinda Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
Keywords: Kredit, Sistem dan Prosedur Pemberian Kredit, BRI Unit Ma.Ancalong

Abstract

BRI menjadi salah satu bank yang banyak membantu pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia terutama pada pelaku UMKM di Indonesia, bahkan pada saat ini pandemic covid 19 yang sangat mempengaruhi turunnya perekonomian yang melanda Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS)  telah melakukan survey selama masa pandemi yaitu tanggal 10-26 juli 2020, yang hasilnya menyatakan bahwa mayoritas pelaku UMKM sebesar 87% sedang mengalami penurunan omset penjualannya dan sekitar 13% UMKM menyatakan  omset penjualannya tetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem dan prosedur pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR)  yang ada pada BRI. Unit Muara Ancalong apakah telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Metode dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer diperoleh melalui wawancara secara langsung dan data sekunder diperoleh dari dokumen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa BRI Unit Muara Ancalong dalam menerapkan sistem sebelumnya dengan memberikan Kredit Usaha Rakyat dengan baik, prosedur yang telah diterapkan dan dilaksanakan oleh Bank BRI. Sehingga Bank hanya perlu melakukan pengecekan terhadap usaha yang UMKM tersebut jalankan, sehingga dapat diketahui lebih lanjut apakah usaha tersebut layak atau tidak untuk mendapatkan pinjaman dan apakah UMKM tersebut mampu untuk melakukan pembayaran dengan modal yang akan dipinjamkan.

References

Moudy.2017. Analisis penerapan standar akuntansi keuangan entitas mikro,kecil,dan menegah pada usaha mikro,kecil, dan menengah. Gorontalo.
Published
2022-09-30
How to Cite
Pangondian Pardede, P., & Rosalinda. (2022). EVALUASI PELAKSANAAN SISTEM DAN PROSEDUR PEMBERIAN KUR UNTUK UMKM PADA BANK BRI MUARA ANCALONG TENGGARONG. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 11(2), 425-437. https://doi.org/10.24903/je.v11i2.1569
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>