EFEKTIVITAS KUALITAS PRODUK & BRAND IMAGE DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN UMKM GANDOK CRAFT BANTUL YOGYAKARTA

  • Ahmad Alfian Ihsan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Agus Dwi Cahya
  • Rizka Zulfiana Putri
  • Putri Mentari Prahastiwi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas produk dan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian UMKM Gandok Craft Bantul, Yogyakarta baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah konsumen yang pernah membeli produk di UMKM Gandok Craft Kabupaten Bantul Provinsi D.I. Yogyakarta. Data primer diperoleh dari angket dengan 40 responden dengan purposive sampling. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian pada uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0.752 > 0.05 dan nilai t hitung 0.319 < t tabel 2.023 sedangkan untuk variabel brand image (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 dan nilai t hitung 4.871 > t tabel 2.023. Bedasarkan hasil uji F kualitas produk dan brand image secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, UMKM Gandok Craft Bantul Yogyakarta dapat meningkatkan brand image dan kualitas produk untuk bersaing dengan kompetitor dan meningkatkan penjualan.

Published
2021-09-25
How to Cite
Ahmad Alfian Ihsan, Agus Dwi Cahya, Rizka Zulfiana Putri, & Putri Mentari Prahastiwi. (2021). EFEKTIVITAS KUALITAS PRODUK & BRAND IMAGE DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN UMKM GANDOK CRAFT BANTUL YOGYAKARTA. Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 10(2), 85-102. https://doi.org/10.24903/je.v10i2.1483
Section
Articles