PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SERVICE CHARGE, KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PRINCIPAL PERUM JAMKRINDO CABANG SAMARINDA

  • Mardiono Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Oktavi Ayu Safitri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Kualitas Pelayanan, Service Charge, Kepuasan, dan Kepercayaan berpengaruh positif-signifikan terhadap Loyalitas Principal, dan untuk menganalisa, variabel manakah yang lebih dominan terhadap loyalitas principal Perum Jamkrindo Cabang Samarinda.

Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda, dengan pengolahan data menggunakan program SPSS versi 22 . Alat analisis ini untuk mengetahui pengaruh dan hubungan masing-masing variabel. Pengumpulan data menggunakan sumber data primer dengan instrument kuisoner tertutup denga skala Likert 54321(sangat setuju, setuju, tidak setuju, sangat tidak setuju). Populasi dalam penelitian ini adalah Principal Perum Jamkirndo Cabang Samarinda yang pernah menggunkan jasa Surety Bond. Metode pengumpulan sampel digunakan cara Simple Random Sampling dengan jumlah responden 92 Principal.

Hasil penelitian menyatakan bahwa kepuasan berpengaruh dominan terhadap loyalitas principal Perum Jamkrindo cabang samarinda, dengan hasil peneletian menunjukan bahwa variabel (X1) yaitu kualitas pelayanan diperoleh nilai Thitung 2.106, pada variabel (X2) service charge diperoleh nilai Thitung -0,196, pada variabel (X3) Kepuasan diperoleh nilai Thitung 7.459, sedangkan pada variabel (X4) diperoleh nilai Thitung 2.687, sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan dengan Thitung sebesar 7.459 adalah variabel yang berpengaruh lebih dominan terhadap loyalitas principal Perum Jamkrindo Cabang Samarinda.

Published
2021-09-25
How to Cite
Mardiono, & Ayu Safitri, O. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SERVICE CHARGE, KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PRINCIPAL PERUM JAMKRINDO CABANG SAMARINDA. Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 10(2), 167-175. https://doi.org/10.24903/je.v10i2.1438
Section
Articles