ANALISIS PERILAKU KONSUMEN MELALUI TINGKAT PENDAPATAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE

  • Mardiono Mardiono Universitas Widya Gama Mahakam
  • Aziz Al Azazi Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
Keywords: variabel moderating, perilaku konsumen, tingkat pendapatan, keputusan pembelian

Abstract

Analisis Perilaku Konsumen Melalui Tingkat Pendapatan Sebagai Variabel Moderating Terhadap Keputusan Pembelian iPhone. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis moderasi tingkat pendapatan terhadap hubungan kausalitas perilaku konsumen dengan keputusan pembelian smartphone merek iPhone. Variabel-variabel yang diteliti, yaitu: variabel bebas terdiri dari faktor sosial (X1), faktor personal (X2), faktor psikologikal (X3), dan tingkat pendapatan (Z) sebagai variabel moderating. Variabel terikatnya adalah keputusan pembelian (Y).  Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang membeli dan menggunakan handphone merek iPhone. Teknik sampling menggunakan metode Teknik Quota Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan cara menetapkan jumlah tertentu sebagai target yang harus dipenuhi dalam pengambilan sampel dari populasi (khususnya yang tidak terhingga atau tidak jelas). Analisis menggunakan Regression Analysis yaitu Regresi Linier Berganda.Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 235

Hasil penelitian; Ho.1 diterima bahwa faktor sosial (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian iPhone (Y). Ho.2 diterima bahwa faktor personal (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian iPhone (Y). Ho.3 diterima faktor psikologikal (X3) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian iPhone (Y). Dengan demikian maka menerima Ha.4 bahwa variabel moderating tingkat pendapatan (Z) memoderasi hubungan antara faktor sosial (X1), faktor personal (X2) dan faktor psikologikal (X3) terhadap keputusan pembelian iPhone (Y)

Author Biography

Mardiono Mardiono, Universitas Widya Gama Mahakam

References

Anonim. (2013, Juni). Survei: Pengguna iPhone Cenderung Mapan dan Terpelajar. Detikinet. Diakses dari https://inet.detik.com/consumer/d-2267210/survei-pengguna-iphone-cenderung-mapan-dan-terpelajar
Arnold, J & Thompson, C.J. (2005). Consumer Culture Theory (CCT). Twenty Years of Research. Journal of Consumer Research,31, 193-219.
Firdaus, Muhammad. (2019). Ekonometrika; Suatu Pendekatan Aplikatif. Edisi 3. Jakarta. PT. Bumi Aksara
Kristo, Fino Yurio. (2018, November). Survei: Pengguna Android Lebih Miskin dari Pemakai iPhone. Detikinet. Diakses dari https://inet.detik.com/consumer/d-4291102/survei-pengguna-android-lebih-miskin-dari-pemakai-iphone
Kotler, P, Bowen, J, Makens, J, (2003), Marketing for Hospitalily &Tourism, 3th Edisi Prentice. Hall, New Jersey
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2006). Marketing Management Edisi 12. Pearson Education : New Jersey.
Lamb, Hair dan McDaniel. (2001). Pemasaran. Buku 1 Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta
Mardiono, Noor Rahmadina. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian iPhone. Jurnal Ekonomika. Vol 10. Diakses dari http://journal.uwgm.ac.id/index.php/ekonomika/issue/view/139
Sukirno, Sadono. (2011). Mikro Ekonomi; Teori Pengantar. Edisi Ketiga. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Schiffman, Leon G. & Leslie Lazar Kanuk. (2004). Consumer Behavior. 8 thed. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Penerbit Andi. Yogyakarta
Published
2022-04-01
How to Cite
Mardiono, M., & Al Azazi, A. (2022). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN MELALUI TINGKAT PENDAPATAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE. Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 11(1), 169-180. https://doi.org/10.24903/je.v11i1.1269
Section
Articles