ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIANDAN PENGUPAHAN PADA KOPERASI TKBM KARYA KALTIM BONTANG

Authors

  • Rudy Syafariansyah Dachlan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Rivaldi Ramadhan Reksa Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/je.v10i2.1232

Keywords:

SIA, SPP, SIAPP

Abstract

Sistem Akuntansi adalah komponen kunci yang dapat menunjang kegiatan usaha. Sistem akuntansi terdiri dari beberapa subsistem yang salah satunya adalah sistem informasi penggajian dan pengupahan. Sistem informasi penggajian memegang peranan penting di perusahaan dan terhubungt langsung dengan pekerja yang dipekerjakan di perusahaan atau organisasi tersebut. Sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan , merupakan alat kontrol internal untuk meminimalisir tindakan curang yang mungkin terjadi dan merugikan perusahaan. Tujuan penelitian adalah untuk memberikan gambaran apakah sistem akuntansi penggajian yang dilaksanakan pada Koperasi TKBM Karya Kaltim Bontang sudah efektif.

References

Diana, A. dan Setiawati, L.; 2011 Sistem Informasi Akuntansi Perancangan, Proses, dan Penerapan. CV. Andi Offset, Yogyakarta.
Mulyadi, 2013. Sistem Akuntansi, Salemba Empat, Jakarta.
Mulyadi, 2014. Sistem Akuntansi, Cetakan Keempat, Salemba Empat, Jakarta. Mulyadi, 2016 . Sistem Informasi Akuntansi, Salemba Empat, Jakarta.
Romney, Marshall B. dan Paul Jhon Steinbart, 2014. Sistem Informasi Akuntansi Edisi ke-13, Salemba Empat, Jakarta.
Rudianto, 2015. Akuntansi Koperasi Edisi ke dua, Salemba Empat, Jakarta

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Dachlan, R. S., & Ramadhan Reksa, R. (2021). ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIANDAN PENGUPAHAN PADA KOPERASI TKBM KARYA KALTIM BONTANG. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 10(2), 313–322. https://doi.org/10.24903/je.v10i2.1232

Issue

Section

Articles