ANALISIS RISIKO OPERASIONAL MENGGUNAKAN METODE ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (ERM) PADA CV MURI UTAMA KIMIA

  • Isnani Maryamah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Gusganda Suria Manda Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: risiko operasional, Enterprise Risk Management (ERM), peta risiko

Abstract

Perusahaan mempunyai tujuan untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan profitabilitas perusahaan. Namun tidak dapat dipungkiri, dalam menjalankan operasional perusahaan Pasti menemui banyak sekali risiko. Risiko yang paling banyak ditemui adalah risiko operasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak yang ditimbulkan dan kemungkinan risiko operasional yang terjadi pada CV Muri Utama Kimia dengan menggunakan metode Enterprise Risk Management (ERM) yang tidak lepas dari ISO 31000 supaya perusahaan mengetahui tindakan dan pengambilan keputusan seperti apa yang tepat untuk mengatasi risiko. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara langsung dengan direktur perusahaan. Pada penelitian ini ditemukan 14 risiko operasional perusahaan meliputi risiko sumber daya manusia, risiko produktivitas, risiko delivery, risiko sistem, risiko pembukuan, risiko hukum, risiko pajak, dan risiko reputasi. Risiko-risiko tersebut diidentifikasi dan dilakukan penilaian risiko sehingga perusahaan mengetahui bahwa terdapat tiga level risiko yang dapat terjadi yaitu level sedang, level rendah, dan level sangat rendah yang selanjutnya dilakukan pengendalian risiko.

References

Addara, O. Y. (2020). ANALISIS PENGENDALIAN RISIKO OPERASIONAL BERDASARKAN PENDEKATAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (ERM) PADA PT PUPUK SRIWIDJAJA CABANG YOGYAKARTA. Skripsi, Universitas Islam Indonesia.

Peraturan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2021 tentang Manajemen Risiko di Lingkungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan

Arifudin, O., Wahrudin, U., & Rusmana, F. D. (2020). Manajemen Risiko. Bandung: Widina Bhakti Persada
.
Djohanputro, B. (2006). Manajemen Risiko Korporat Terintegrasi. Jakarta: PPM.

Fahmi, I. (2018). Manajemen Risiko Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: CV Alfabeta.

Fauziah, H. N., Fakhriyah, A. N., & Abdurrohman. (2020). ANALISIS RISIKO OPERASIONAL BANK SYARIAH PADA MASA PANDEMI COVID-19. JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH, 39-45.

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.

Haryani, D. S., & Risnawati. (2018). ANALISIS RISIKO OPERASIONAL BERDASARKAN PENDEKATAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (ERM) PADA PT SWAKARYA INDAH BUSANA TANJUNGPINANG. Dimensi, 357-367.

ISO 31000 Standar Internasional Manajemen Risiko. (2021). Dipetik Oktober 20, 2021, dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan: http://www.bpkp.go.id/kepri/konten/1602/ISO-31000-Standar-Internasional-Manajemen-Risiko

Moeller, R. (2006). Brinks Modern Internal Auditing: A Common Body of Knowledge . Canada: Wiley.

Rahmawaty, F. (2020). MANAJEMEN RISIKO OPERASIONAL. Jurnal Ilmu Administrasi Publik dan Bisnis, 1-7.

Sirait, N. M., & Susanty, A. (2016). ANALISIS RISIKO OPERASIONAL BERDASARKAN PENDEKATAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (ERM) PADA PERUSAHAAN PEMBUATAN KARDUS DI CV MITRA DUNIA PALLETINDO. Industrial Engineering Online Journal, 1-10.
Published
2022-04-01
How to Cite
Isnani Maryamah, & Gusganda Suria Manda. (2022). ANALISIS RISIKO OPERASIONAL MENGGUNAKAN METODE ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (ERM) PADA CV MURI UTAMA KIMIA. Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 11(1), 10-27. https://doi.org/10.24903/je.v11i1.1171
Section
Articles