The Respond of Growth and Yield of Three Varieties of Chili (Capsicum annuum L.) To Supply All Sorths of Concentration of Liquid Smoke.

Respon Pertumbuhan Dan Hasil Tiga Varietas Cabai Besar (Capsicum annuum L.) Terhadap Pemberian Berbagai Konsentrasi Asap Cair (Liquid Smoke)

  • Rustam Baraq Noor Fakultas Pertanian, Universitas Widya Gama Mahakam, Samarinda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh varietas,  konsentrasi asap cair dan interaksi keduanya terhadap pertumbuhan dan hasil tiga varietas  cabai besar. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Mei 2011 sampai dengan September 2011 Jl. D.I Panjaitan Samarinda,. Rancangan percobaan yang digunakan  Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial, terdiri dari 2 faktor ; faktor pertama varietas cabai besar (V) yang terdiri 3 taraf (V1 = Horison, V2 = Wibawa dan V3 = Profit) dan faktor kedua adalah konsentrasi asap cair (A) yang terdiri dari 4 taraf (A0 = 0 ml/liter air, A1 = 50 ml/liter air, A2 = 70 ml/liter air dan A3 90 ml/liter air)  dan masing-masing kombinasi perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  perlakuan varietas    berbeda nyata pada pertambahan tinggi tanaman umur 14, 28,  42 (hari setelah pindah tanam),  umur berbunga dan panjang buah. Varietas terbaik adalah V1 (Horison) karena lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan.  Perlakuan konsentarsi asap cair  berbeda nyata pada jumlah buah  per tanaman dan persentase busuk buah per tanaman.  Perlakuan konsentarsi asap cair yang terbaik adalah A2  (70 ml/L air) dengan  rata-rata jumlah buah per tanaman 27,22 buah dan   persentase busuk buah sebesar 21,33%. Interaksi kedua perlakuan  berbeda tidak nyata terhadap semua variabel yang diamati.

How to Cite
Noor, R. B. (1). The Respond of Growth and Yield of Three Varieties of Chili (Capsicum annuum L.) To Supply All Sorths of Concentration of Liquid Smoke.: Respon Pertumbuhan Dan Hasil Tiga Varietas Cabai Besar (Capsicum annuum L.) Terhadap Pemberian Berbagai Konsentrasi Asap Cair (Liquid Smoke). Agrifarm : Jurnal Ilmu Pertanian, 2(1), 11-16. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/index.php/agrifarm/article/view/1250
Section
Articles