Workshop dan Simulasi Tes TOEFL pada Peserta Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Lembaga Administrasi Negara Tahun 2019

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v4i1.812

Keywords:

tes, TOEFL, , Lembaga Administrasi Negara, simulasi

Abstract

Tes TOEFL merupakan tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih diperhitungkan dalam dunia kerja pada saat ini. Oleh karena itu, hampir semua instansi pemerintah mewajibkan kepada pegawai maupun calon pegawai untuk memiliki score TOEFL. Maka dari itu, kami dari tim pengabdian mencoba mengambil kesempatan tersebut untuk bisa mengadakan pelatihan atau sejenis workshop kepada seluruh peserta Pelatihan Kepemimpinan di Lembaga Administrasi Negara dengan jumlah peserta 60 orang. Di lembaga tersebut Tes TOEFL dijadikan sebagai salah satu persyaratan untuk lulus dalam pelatihan, maka dari itu pelatihan ini dibutuhkan untuk membekali seluruh peserta sebelum mereka mengikuti tes yang sebenarnya. Pengabdian ini dilaksanakan di aula serbaguna Lembaga Administrasi Negara (LAN).  Masalah yang dihadapi oleh peserta adalah peserta merupakan aparatur negara yg sudah tidak lama bergelut dengan dunia akademis sehingga sulit untuk memahami konteks bacaan terlebih dalam bahasa Inggris. Maka dari itu, pemateri berusaha memberikan tips dan trik mengerjakan tes TOEFL seefisien mungkin.

Author Biography

Dedi Rahman Nur, Universitas Widya Gama Mahakam

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

References

Arbain, A., Taufik, A., Ngoc, T. T. N., & Nur, D. R. (2017). Basic English Drill. Yogyakarta: Andi Publisher.

Arbain, A., Taufik, A., & Nur, D. R. (2017). Daily English Phrases Book. Samarinda: UWGM Press.

Fitriana, R., Nur, D. R., & Arbain, A. (2017). Pelatihan dan Simulasi IELTS bagi Mahasiswa dan Dosen di Lingkungan Fakultas Pendidikan dan Keguruan Program Studi Bahasa Inggris Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jurnal Abdimas Mahakam, 1(2), 88–95.

Hudha, Nurul dkk. 2014. Upgrade TOEFL Score. CMedia Imprint Kawan Pustaka: Jakarta Selatan.

Irawati, Lisrohli., Widiyantari, Yunita. 2016.The Master of TOEFL. Bentang Pustaka: Yogyakarta

Mousavi, S. A., Arizavi, S., & Namdari, N. (2014). The effect of test preparation on the test performance the case of the IELTS and TOEFL iBT reading tests. International Journal of English and Education, 3(2), 10-22.

Nguyen, T. N. H. (2007). Effects of test preparation on test performance the case of the IELTS and TOEFL iBT listening tests. Melbourne Papers in Language Testing, 12(1), 1-23.

Purnaning, Estwi Retno dkk. 2012. Tip an Trik Melejitkan Score TOEFL. CMedia Imprint Kawan Pustaka: Jakarta Selatan.

Downloads

Published

2020-02-21

How to Cite

Nur, D. R., & Maharani, Y. (2020). Workshop dan Simulasi Tes TOEFL pada Peserta Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Lembaga Administrasi Negara Tahun 2019. Jurnal Abdimas Mahakam, 4(1), 176–180. https://doi.org/10.24903/jam.v4i1.812

Issue

Section

Articles