Main Article Content

Abstract

Pengenalan budaya pada anak tidak terlepas dari pengaruh pendidikan dilingkungan rumah maupun di sekolah. Budaya merupakan bagian dari kebiasaan sehari-hari yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, Sehingga kebutuhan pendidikan semakin meningkat. Pemahaman pendidikan secara keseluruhan upaya meningkatkan kemampuan dan potensi nilai-nilai sosial budaya dan rasa kemanusiaan secara utuh pada anak usia dini. Dalam pembelajaran aspek perkembangan agama dan moral berkaitan tentang perkembagan sikap dan tingkah laku anak. Melaksanakan ajaran sesuai agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari. Stimulus tentang perkembangan aspek nilai agama serta moral memiliki tujuan membetuk perilaku terpuji dan tidak terpuji, serta taat dalam menjalankan aturan yang ada perintah agamanya dan sesuai dengan pembiasaan budaya, yang  mendasari prilaku dan sikapnya terhadap kehidupan selanjutnya baik masa kanak-kanak, remaja, dewasa dan orang tua adalah menanaman aspek ini. Hasil berdasarkan pertanyaan kepada para guru dan orang tua, menunjukkan bahwa adanya peranan budaya terhadap peningkatan nilai-nilai agama dan moral yang dibuktikan dari hasil persentase point 3 (sering) sebanyak 96,36% pada Penilaian Penananaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral, point 3 (sering) sebanyak 75% pada penilaian terhadap budya (pembiasaan) pada anak usia dini. Penerapan serta menanamkan perilaku nilai agama serta moral, disiplin dan afeksi dalam upaya pembentukan bidang perilaku yang merupakan kegiatan secara terus menerus dilakukan dan dibiasakan pada kegiatan sehari-hari anak, sehingga aspek ini secara optimal mengalami perkembangan .

Keywords

Budaya nilai-nilai agama dan moral Anak Usia Dini

Article Details

How to Cite
Hanita, H., Memelina, A., & Nuryanti, N. (2020). Seminar tentang Peranan Budaya Lokal di Indonesia terhadap Perkembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Abdimas Mahakam, 4(1), 123-130. https://doi.org/10.24903/jam.v4i1.783

References

  1. Akbar, Sa’dun. 2019. Pengembangan Nilai Agama dan Moral bagi Anak Usia Dini. Refika : Bandung.
  2. Anggraini, Wardah and Syafrimen Syafril. 2018. “Pengembangan Nilai–Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini.” (December).
  3. Inawati, Asti. 2017. “Strategi Pengembangan Moral Dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini Asti Inawati.” Jurnal Pendidikan Anak 3(1):51–64.
  4. Kanak-kanak, D. I. Taman. n.d. “Strategi Pengembangan Moral Dan Agama.”
  5. Linda Arsita. 2017. “Mengembangkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Taman Kanak-Kanak Dhamrma Wanita Kecamatan Sukarame Bandar Lampung.”
  6. Nurwita, Syisva. 2019. “Analisis Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Dalam Tayangan Film Kartun Upin Dan Ipin.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(2):506.
  7. Tanfidiyah, Nur. 2017. “Perkambangan Agama Dan Moral Yang Tidak Tercapai Pada AUD: Studi Kasus Di Kelas A1 TK Masyitoh NDasari Budi Yogyakarta.” Nadwa 11(2):199.