Peningkatan Motivasi Kewirausahaan dan Kemandirian Melalui Pelatihan Segmentasi Pasar

Authors

  • Andi Indrawati University of 17 Agustus 1945 Samarinda
  • Ivana Nina Esterlin Barus University of 17 Agustus 1945 Samarinda
  • Danna Solihin University of 17 Agustus 1945 Samarinda
  • Adisthy Shabrina Nurqamarani University of 17 Agustus 1945 Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v4i1.541

Keywords:

Kewirausahaan, Pelatihan, Segmentasi Pasar

Abstract

Persaingan yang semakin tinggi di era revolusi industry 4.0 menuntut mahasiswa untuk kreatif dan inovatif dalam mencari peluang untuk sukses. Menyikapi hal ini, Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda melalui Program Pengembangan Kewirusahaan yang didanai oleh Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia mengadakan serangkaian pelatihan untuk meningkatkan motivasi kewirausahaan dalam rangka meningkatkan kemandirian mahasiswa dan alumni di Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Salah satu pelatihan yang dilakukan adalah Pelatihan dengan tema Pentingnya Segmentasi Pasar dalam Melakukan Usaha.  Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode ceramah dan tanya jawab kepada para mahasiswa / tenant yang telah lolos seleksi program PPK Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.  Pelatihan dilaksanakan pada hari Sabtu 22 Juni 2019 pukul 09.00 sampai selesai. Melalui pelatihan ini, peserta/mahasiswa tenant PPK Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda mendapatkan pengetahuan mengenai mengapa penting untuk melakukan segmentasi pasar dan mempelajari bagaimana cara melakukan segmentasi pasar, penargetan target pasar, serta pemosisian usaha di antara para pesaing. Dengan menentukan segmentasi, targeting, dan positioning yang tepat tentunya para mahasiswa tenant PPK dapat meningkatkan kesigapan dalam menjalankan usaha yang berdampak pada peningkatan motivasi dan kemandirian mahasiswa tenant PPK dalam berwirausaha.

References

Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani.

Fitriana, R., Nur, D. R., & Arbain, A. (2017). Pelatihan dan Simulasi IELTS bagi Mahasiswa dan Dosen di Lingkungan Fakultas Pendidikan dan Keguruan Program Studi Bahasa Inggris Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jurnal Abdimas Mahakam, 1(2), 88–95.

Kotler, P. dan G. A. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan K. L. K. (2006). Marketing Management (12th ed.). New Jersey: Pearson.

Setiadi, N. J. (2010). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Prenada Media Group.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Downloads

Published

2020-01-29

How to Cite

Indrawati, A., Barus, I. N. E., Solihin, D., & Nurqamarani, A. S. (2020). Peningkatan Motivasi Kewirausahaan dan Kemandirian Melalui Pelatihan Segmentasi Pasar. Jurnal Abdimas Mahakam, 4(1), 8–13. https://doi.org/10.24903/jam.v4i1.541

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)