Main Article Content

Abstract

Kegiatan membaca merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk mengasah kecerdasan dan menambah wawasan. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian yang dilakukan di kampus cerdas. Kampung cerdas merupakan salah satu kampung binaan FKIP Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan motivasi tentang pentingnya membaca bagi anak  dan mengetahui peranan keranjang buku dalam meningkatkan minat baca anak.

Dalam pelaksanaan kegiatannya, tim pengabdi memberikan sosialiasi tentang pentingnya membaca setelah itu tim pengabdi melakukan bentuk evaluasi kegiatan dengan peletakan kerangjang buku dibeberapa tempat yang strategis yang sering dikunjungi oleh anak anak di kampung cerdas.

Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan didapatkan hasil yakni (1) Kegiatan sosialiasi peningkatan minat baca menambah semangat anak-anak khususnya di kampung cerdas menjadi lebih semangat dalam membaca (2) Kegiatan sosialiasi peningkatan minat baca di kampung cerdas membuat anak-anak antusias dalam memilih buku bacaan yang positif dan bermanfaat untuk dirinya (3) Kegiatan sosialiasi peningkatan minat baca di kampung cerdas dengan variasi  metode penyampaian antara lain : diskusi, gambar, problem solving dan scramble menambah kreatifitas anak-anak dalam menggali buku yang dibacanya dan (4) Kegiatan peletakan media kerajang buku di beberapa tempat yang telah disediakan membuat warga kampung cerdas tergerak untuk membaca.

Keywords

Minat Baca dan Keranjang Buku

Article Details

How to Cite
AlHaddar, G., & Afdal, A. (2019). Peningkatan Minat Baca Anak Melalui Sosialiasi Pentingnya Membaca dan Media Keranjang Buku di Kampung Cerdas. Jurnal Abdimas Mahakam, 3(2), 109-114. https://doi.org/10.24903/jam.v3i2.499

References

  1. Lexy J. Moleang. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  2. Nurhadi. 1989. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: CV Sinar Baru Offset
  3. Pernyata, Syafruddin. 2012. Belajar Dari Universitas Kehidupan. Samarinda : Pustaka Spirit.
  4. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  5. Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  6. Suherman.2012. Bacalah ”Menghidupkan Kembali Semangat Membaca Para Mahaguru Peradaban”. Bandung : MQS
  7. Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.