Main Article Content

Abstract

Daerah padat penduduk di Samarinda Kalimantan Timur salah satunya adalah Kelurahan Teluk Lerong. Didaerah ini terdapat banyak pedagang bakso, nasi goreng dan jajanan gorengan. Sebagian besar pedagang ini menggunakan bahan pelengkap berupa saus baik saus cabai maupun saus tomat. Mahalnya saus kemasan, mengakibatkan sebagian besar pedagang menggunakan saus kiloan dengan harga murah. Permasalahan yang dihadapi adalah minimnya pengetahuan mengenai dampak kesehatan penggunaan saus kiloan yang tidak terjamin mutu dan kualitasnya, mengakibatkan terjadinya penurunan derajat kesehatan di masyarakat. Hal ini juga menjadi perhatian bagi para ibu rumah tangga dalam mensiasati pembuatan saus dengan kualitas baik, aman bagi kesehatan keluarga dan harga murah.

Solusi yang diberikan dari masalah diatas adalah dengan memberikan pelatihan kepada para ibu-ibu yang berada di Kelurahan Teluk Lerong (Jalan Raudah RT. 10) dalam pembuatan saus dari limbah kulit buah naga merah sebagai saus sehat untuk keluarga. Adapun peserta dari pelatihan ini adalah para ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok pengajian Raudhatul Khair. Pelatihan ini dibagi menjadi 3 materi, yaitu materi mengenai nilai gizi dan kandungan dari saus dan buah naga merah, praktek pembuatan saus dari kulit buah naga merah dan pelatihan pengemasan saus.

Keywords

Kulit Buah Naga Merah Saus Kelurahan Teluk Lerong Samarinda

Article Details

How to Cite
Soemarie, Y. B., & Apriliana, A. (2019). Pelatihan Pembuatan Saus Dari Limbah Kulit Buah Naga Merah Sebagai Saus sehat di Jalan Raudah Rt. 10 Kelurahan Teluk Lerong Kecamatan Samarinda Ulu. Jurnal Abdimas Mahakam, 3(1), 85-89. https://doi.org/10.24903/jam.v3i1.414

References

  1. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2002. Profil Kesehatan Sehat, Depkes RI, Jakarta
  2. Erliza. 2007. Sejarah Saus Sambal. Dikutip dari http://ilmu kefarmasian.blogspot.com/2012/11/saos-sambal.htmls, diakses tanggal 2 Agustus 2018.
  3. Setyarini, D., Subiantoro, S., Selviawati. 2010. Identifikasi Bahan Pewarna dan Pengawet Pada Saos Tomat Yang Beredar Di Kota Jember. Stomatognatic (J.K.G) Vol. 7 No. 1 pp. 37-44. Universitas jember.