Penerapan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) di UMKM Laundry Balikpapan

Authors

  • Yogiana Mulyani Politeknik Negeri Balikpapan
  • Praseptia Gardiarini Politeknik Negeri Balikpapan
  • Syahrul Karim Politeknik Negeri Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v3i1.413

Keywords:

Laundry, Kesehatan Keselamatan Kerja

Abstract

Usaha laundry merupakan suatu usaha yang saat ini mulai berkembang di Balikpapan. Laundry menjadi kebutuhan bagi warga Balikpapan yang memiliki jadwal padat sehingga tidak punya waktu lebih untuk mencuci. Komunitas Laundry Balikpapan (KLB) merupakan suatu komunitas yang didirikan untuk menjadi wadah bagi pengusaha-pengusaha laundry di Balikpapan. Salah satu permasalahan yang ditemui di KLB adalah kurangnya pemahaman tentang pentingnya memperhatikan keselamatan, keamanan kerja (K3) dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Pelaksanaan pelatihan meliputi pemberian materi, pengisian kuesioner pre dan post test, serta praktek langsung pelaksanaan K3 di Laundry di Hotel Novotel Balikapan. Peserta berjumlah 22 orang yang merupakan pekerja dan pemilik usaha laundry yang tergabung dalam KLB. Berdasarkan pre-post tes yang diberikan, pengetahuan peserta meningkat dan setelah melaksanakan pelatihan K3 di Unit Laundry Novotel Balikpapan, peserta semakin paham mengenai pelaksanan K3 di tempat usaha mereka masing-masing. Kesimpulan yang diperoleh dari kegiatan ini adalah bahwa setiap pemilik maupun pekerja di tempat usaha laundry harus memahami standar K3 yang harus disediakan di tempat kerja guna menjamin kesehatan dan keselamatan kerja setiap orang yang ada di wilayah tersebut. 

References

Ardiansyah, M. (2015). PENGETAHUAN KARYAWAN AKAN PENTINGNYA PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DALAM UPAYA MENJAGA KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (Studi pada PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta Bagian Weaving). Solo: Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Erizal. (2018, April 23). web.ipb.ac.id. Retrieved from web.ipb.ac.id: web.ipb.ac.id/~erizal/manpro/menerapkan_k3.pdf

PERMEN, MEN/VII/2008.

PERMEN, PER/01/MEN/1981 (Indonesia 1981).

Suma'mur. (2009). Higene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (HIPERKES). Jakarta: Sagung Seto.

Utama, W. W. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Denpasar: UPT Udayana.

Downloads

Published

2019-01-31

How to Cite

Mulyani, Y., Gardiarini, P., & Karim, S. (2019). Penerapan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) di UMKM Laundry Balikpapan. Jurnal Abdimas Mahakam, 3(1), 78–84. https://doi.org/10.24903/jam.v3i1.413

Issue

Section

Articles