Membangun Jiwa Entrepreunership Santri dan Santriwati Pondok Pesantren Al Mujahidin Balikpapan

Authors

  • Gozali Gozali Politeknik Negeri Balikpapan
  • Bambang Jati Kusuma Politeknik Negeri Balikpapan
  • Mahfud Mahfud Politeknik Negeri Balikpapan
  • Ali Arifin Soeparlan Politeknik Negeri Balikpapan
  • Masrul Huda Politeknik Negeri Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v3i1.406

Keywords:

roti, kue, kuliner, pelatihan, wirausaha

Abstract

Kewirausahaan (entrepreneurship) ialah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Kesejahteraan atau nilai tambah dari masyarakat sebagai tujuan dari kewirausahaan itu, dilakukan melalui pengungkapan gagasan baru, penggalian sumber daya, dan merealisasikan gagasan itu menjadi suatu kenyataan yang menguntungkan.

Pelatihan ini dilaksanakan dengan memberdayakan masyarakat khususnya santri dan santriwati Pondok Pesantren Al Mujahidin Balikpapan yang beralamat di Jl. Soekarno Hatta Km. 10 Balikpapan Utara. Pelatihan dilaksanakan pada hari Kamis 13 Desember 2018 pukul 08.00 sampai selesai. Metode pelatihan yang digunakan melalui seminar young entrepreneurship, praktik langsung membuat inovasi produk kuliner (roti dan kue), dan praktik pengemasan dan pemasaran. Peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Setiap kelompok membuat produk roti dan kue yang berbeda. Kelompok pertama praktik membuat roti manis, kelompok kedua praktik membuat muffin, kelompok ketiga membuat swiss roll.

References

Kasali, R. (2010). Modul Kewirausahaan. Indonesia, Yayasan Rumah Perubahan.

Anas. F. (2012). Wirausaha Muda dan Kemajuan Ekonomi Bangsa. https://news.okezone.com/read/2012/08/13/58/676816/wirausaha-muda-dan-kemajuan-ekono mi-bangsa. Diakses online pada tanggal 13 Maret 2018.

Downloads

Published

2019-01-31

How to Cite

Gozali, G., Kusuma, B. J., Mahfud, M., Soeparlan, A. A., & Huda, M. (2019). Membangun Jiwa Entrepreunership Santri dan Santriwati Pondok Pesantren Al Mujahidin Balikpapan. Jurnal Abdimas Mahakam, 3(1), 18–23. https://doi.org/10.24903/jam.v3i1.406

Issue

Section

Articles