Main Article Content

Abstract

Masih rendahnya sanitasi lingkungan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di wilayah pesisir kepulauan menyebabkan potensi terjadinya beberapa penyakit, seperti diare, kolera, dan soil transmitted helminthes (STH). Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan  perilaku PHBS dalam upaya menurunkan kejadian penyakit berbasis lingkungan melalui inovasi teknologi media promosi kesehatan yang menarik. Metode partisipatif digunakan untuk melibatkan masyarakat secara aktif dalam pelaksanaan penerapan teknologi  Inovasi Teknologi Promosi Kesehatan PHBS. Inovasi teknologi promosi kesehatan, berupa media film PHBS melalui penyediaan sarana tempat cuci tangan percontohan. Kegiatan ini akan dilakukan untuk, oleh, dan dari masyarakat sebagai mitra dalam kegiatan pengabdian ini melalui musyawarah masyarakat desa untuk menganalisis permasalahan di wilayah mereka, urgensi dan prioritas masalah bersama, serta menentukan solusi dari masalah yang ada, khususnya terkait dengan kejadian penyakit berbasis lingkungan yang ada di wilayah mereka. Peningkatan pengetahuan dan sikap anak SD yang diperoleh dari pre-test dan post-test dianalisis dengan uji t berpasangan dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil pre dan post menunjukkan adanya perbedaan pengetahuan (yang awalnya 8,78 menjadi 10,90) dan sikap (yang awalnya 7,38 menjadi 9,52) yang signifikan (p<0,05). Dengan demikian, edukasi melalui media Film dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap anak SD tentang hidup sehat.

Keywords

Promosi Kesehatan PHBS CTPS Film

Article Details

How to Cite
Selviana, S., & Suwarni, L. (2018). Promosi Kesehatan Melalui Media Film Dalam Upaya Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Sekolah Dasar Wilayah Pesisir Kepulauan. Jurnal Abdimas Mahakam, 2(2), 78-84. https://doi.org/10.24903/jam.v2i2.376

References

  1. Andaruni,A., Fatimah, S., Sumangunsang,B. Gambaran Faktor –Faktor Penyebab Infeksi Cacingan pada Anak di SDN 01 Pasirlangu Cisarua. Fakultas Ilmu Keperaatan Unpad.
  2. Fitriana, R., Nur, D. R., & Arbain, A. (2017). Pelatihan dan Simulasi IELTS bagi Mahasiswa dan Dosen di Lingkungan Fakultas Pendidikan dan Keguruan Program Studi Bahasa Inggris Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jurnal Abdimas Mahakam, 1(2), 88–95.
  3. Hayati, Mawar. 2009. Pengaruh Peer Education Pentingnya Gizi Terhadap Perilaku Anak Usia Sekolah Dalam Menentukan Jajanan Sehat Di Kota Lhokseumawe. Program Pascasarjana. Universitas Indonesia Depok.
  4. Nurfitriani, 2017. Efektifitas Film Dan Leaflet Terhadap Perilaku Hidup Bersih Sehat Pada Siswa Kelas Iii Di Sekolah Dasar Sungapan 03 Kota Pemalang. Repository. Bachelor of Public Health. Faculty of Health Science. DINUS University. 2017
  5. Puskesmas Sungai Raya Kepulauan. 2016. Profil Puskesms Sungai Raya Kepualauan. Puskesmas Sungai Raya Kepulauan : Bengkayang.
  6. Sari, D. A. (2010). Pengaruh promosi kesehatan tentang PHBS.
  7. Santrock, John W. 2012. Life-span Development. 13 th Edition. University of Texas, Dallas : Mc Graw-Hill
  8. Suwarni, L., Selviana., Fachri,M., 2016. Determinan of Environmental Disease In Health Promotion of Community Lead Total Sanitation (CLTS) on Elementary Students as Primary Prevention in Isolated District, Indonesia. SMU Medical Journal. Vol 3 No1.
  9. Suwarni, L., Selviana., Sarwono, E., Ruhama, U. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui PENKES (Pendidikan dan Kesehatan) untuk Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat. Jurnal Abdimas Mahakam, 2(1), 16-23.
  10. Tandilangi, M., Mintjelungan,C., Wowor,V., 2016. Efektivitas dental health education dengan media animasi kartun terhadap perubahan perilaku kesehatan gigi dan mulut siswa SD Advent 02 Sario Manado. Jurnal e-Gigi (eG), 4 (2), Juli-Desember 2016
  11. Yuliwulandari, R., Zahroh, H., Susilowati., Hendri,F., Usman. Media Edukasi Berbasis Cetak dan Digital tentang Pengobatan Lepra dan Efek Samping Obat Mempermudah pemahaman penderita Lepra, Keluarga, Masyarakat, dan Tenaga Kesehatan di Tanjung Pasir tentang Lepra dan Terapinya. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), September 2017.