Sosialisasi Risiko penyakit artritis (rematik) pada lansia di kecamatan marangkayu Kabupaten kutai kartanegara Tahun 2017

Authors

  • Suwignyo Suwignyo Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Sri Evi Newyearsi Pangadongan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Dewi Yuniar Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Wahyudin Wahyudin Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v1i2.242

Keywords:

Sosialisasi, Risiko Artritis

Abstract

Penyakit sendi/artritis/encok adalah suatu penyakit inflamasi sistemik kronis pada sendi-sendi tubuh. Gejala klinik penyakit artritis berupa gangguan nyeri pada persendian yang disertai kekakuan, merah dan pembengkakan yang bukan disebabkan karena benturan/kecelakaan dan berlangsung kronis. Adapun tujuan dalam pengabdian ini yaitu untuk memberikan informasi kepada lansia di Kecamatan Marangkayu tentang faktor risiko kejadian artritis. Kegiatan dilaksanakan tanggal 12 Juni 2017 di Desa Santan Tengah Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode yang digunakan adalah penyuluhan  yang mana materi risiko artritis disampaikan oleh Suwignyo. Evaluasi dilaksanakan dengan cara mengamati partisipasi dan keterlaksanaanya program kegiatan, roll play dan tanya jawab dan pemberian doorprize. Berdasarkan hasil pengamatan, para peserta penyuluhan menunjukkan partisipasi dan apresiasi yang tinggi. Hal ini terlihat dari keaktifan para peserta mengikuti kegiatan ini. Saran yang diberikan yaitu perlu adanya kerjasama antara Puskesmas dan masyarakat untuk mengadakan senam sehat bagi masyarakat, disamping dapat menjadi wadah untuk sosialisasi juga dapat membantu menurunkan berat badan bagi para penderita obesitas.

References

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur. (2013). Sepuluh Penyakit Terbanyak Di Puskesmas. Samarinda : Bidang Pelayanan Kesehatan.

Junaidi, Iskandar. (2012). Rematik dan Asam Urat. Jakarta : Bhuana Ilmu Populer.

Riskesdas. (2013). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Depkes RI. Jakarta. (http://www.depkes.go.id/resources/ download/general/Hasil%20Riskesdas%202013.pdf.) Diakses tanggal 27 September 2015.

Wahyudin. (2016). Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan Kejadian Artritis Di Wilayah Kerja Puskesmas Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara. Universitas Widyagama Mahakam Samarinda : Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Downloads

Published

2017-12-26

How to Cite

Suwignyo, S., Pangadongan, S. E. N., Yuniar, D., & Wahyudin, W. (2017). Sosialisasi Risiko penyakit artritis (rematik) pada lansia di kecamatan marangkayu Kabupaten kutai kartanegara Tahun 2017. Jurnal Abdimas Mahakam, 1(2), 96–101. https://doi.org/10.24903/jam.v1i2.242

Issue

Section

Articles