Pengolahan Pisang Talas dalam Usaha Meningkatkan Nilai Tambah Buah Hasil Panen

Purwati Purwati, Tutik Nugrahini, Iin Arsensi

Abstract


Pisang merupakan komoditas hortikultura yang dapat dikonsumsi dalam bentuk buah segar maupun diolah. Permasalahan konsumsi pisang dalam bentuk segar adalah mudah rusak dan cepat mengalami perubahan mutu  setelah  panen, karena memiliki kandungan air tinggi dan aktifitas proses metabolismenya meningkat setelah dipanen. Mengingat buah pisang merupakan buah yang tidak tahan lama oleh karena itu perlu dilakukan upaya untuk mengolah pisang menjadi produk pangan yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi.

Penyuluhan tentang pengolahan buah pisang talas dalam usaha meningkatkan nilai tambah buah hasil panen telah dilakukan di Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara. Hasil penyuluhan menunjukkan bahwa masyarakat mempunyai kemauan untuk mempelajari cara pengolahan buah pisang talas untuk produk pangan berupa kripik pisang dan pisang sale. Penyuluhan ini diharapkan dapat mengubah pola pikir masyarakat untuk mengembangkan usaha skala rumah atau home industri sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga.


Keywords


Pengolahan; Pisang Talas; Nilai Tambah

Full Text:

PDF

References


Aspariah, N. 2005. Pengaruh takaran pupuk N dan kotoran ayam terhadap pertumbuhan vegetatif pisang talas ( Musa paradisiaca var sapientum). Skripsi. Fak. Pertanian Unlam . Banjarbaru.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan. 2006. Laporan Tahunan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Pemerintah Daerah Propinsi Kalimantan Selatan. Banjarbaru.

Tim Redaksi Trubus, 2001. Budidaya Tanaman Pisang.Trubus. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Abdimas Mahakam is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License