Penyuluhan Pertanian “Pemanfaatan Urine Ternak sebagai Pupuk Cair dan Zat Pengatur Tumbuh”

Hamidah Hamidah, Mahdalena Mahdalena, Abdul Rofiq

Abstract


Urin merupakan salah satu produk buangan yang harus dibuang dari dalam tubuh.  Definisi urin adalah cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi.  Ternyata produk buangan dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.. Hasil penelitian tentang penggunaan dan pengaruh pupuk organik cair terhadap sosio ekonomi budidaya tanaman dan produktivitas tanah, menunjukan bahwa penggunaan pupuk organik memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pertumbuhan, produksi tanaman dan mengurangi dampak pencemaran lingkungan, tanaman pangan (kedelai, padi, jagung dan kentang) maupun tanaman perkebunan (kelapa sawit, karet, kakao,teh dan tebu)  dibandingkan dengan pupuk anorganik. Sebagai salah satu contoh hasil penelitian dan penerapan pupuk organic di Pati, Lampung, Magetan, Banyumas, pupuk organik terbukti dapat menekan kebutuhan pupuk an-organik urea hingga 100 %.


Keywords


urine; POC; fermentasi

Full Text:

PDF

References


Artanti, F.Y. 2007. Pengaruh Macam Pupuk Organik Cair dan Konsentrasi IAA terhadap Pertumbuhan Setek Tanaman Stevia (Stevia rebaudiana Bertoni M.). Skripsi S1 FP UNS Surakarta.

Ayub S Parnata. 2015. Pupuk Organik Cair: Aplikasi & Manfaatnya. AgroMedia Pustaka, Jakarta.

Novizan. 2005. Petunjuk Pemupukan yang Efektif. AgroMedia Pustaka. Jakarta.

Rineksane, I.A. 2005. Pengaruh Lama Perendaman Biji dalam Auksin Terhadap Perkecambahan dan Pertumbuhan Akar Manggis. Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian Agr UMY. Vol.13(2):83-91.

Rudianto, B.; R.Widarawati; dan Purwanto. 2008. Pengaruh Penambahan Bahan Organik dan Pemupukan ZA terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Bawang Merah di Lahan Pasir Pantai. Agrosains Vol.10(1):6-14

Sukamto Hadisuwito. 2012. Membuat Pupuk Organik Cair. AgroMedia Pustaka, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Abdimas Mahakam is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License