Main Article Content

Abstract

Abstrak

Pengembangan profesionalisme menjadi dasar keahlian seorang pendidik. Tujuan pengembangan professional terdiri dari pengetahuan tentang isi pembelajaran, pengetahuan tentang pendidikan, pengetahuan professional, dan kualitas professional. Perkembangan yang tidak terlepas dari pendekatan yang sesuai dengan perkembangan peserta didik, dengan memahami anak-anak, praktik pengajaran yang sesuai dengan perkembangan dan budaya anak didik, serta kurikulum pembelajaran anak usia dini. Kurikulum memegang kunci dalam pendidikan, serta berkaiatan dengan penentuan arah, isi dan proses pendidikan yang menetukan macam dan kualifikasi lulusan suatu lembaga. Pentingnya kurikulum dalam kegiatan pendidikan maka dalam penyusunanya memerlukan landasan yang kuat melalui pemikiran – penelitian yang mendalam dan salah satu upaya pengembangan profesionalisme dan peningkatan keahlian pendidik dalam pendidikan anak usia dini. Kurikulum merupakan rancangan pendidikan yang memiliki peran strategis karena seluruh kegiatan berpusat pada kurikulum. Dalam hal ini maka kurikulum merupakan hal yang penting dipahami oleh pendidik yaitu pemahaman terhadap kurikulum 2013 yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini yang salah satunya membahasa tentang Standar Proses yang mencakup Perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran dan Pengawasan Pembelajaran dalam hal ini terkait tentang standar kurikulum PAUD. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. 

Keywords

Implemantasi dan Inovasi Kurikulum 2013 PAUD

Article Details

How to Cite
Hanita, H. (2017). Pelatihan Implemantasi dan Inovasi Kurikulum 2013 Paud di Lembaga Paud Kota Samarinda. Jurnal Abdimas Mahakam, 1(1), 16-26. https://doi.org/10.24903/jam.v1i1.233

References

  1. Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2014. Standar Nasional PAUD. Peraturan MenteriPendidikan dan Kebudayaan RI No.137 Th 2014.
  2. Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2014. Kurikulum 2013 PAUD. Peraturan MenteriPendidikan dan Kebudayaan RI No.146 Th 2014.
  3. Suyadi & Dahlia, 2014. Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013 Program Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Bandung : Rosda
  4. Susanto, Ahmad.2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta : Bumi Aksara.