Upaya Peningkatan Asi Ekslusif dengan Relaktasi melalui Media Booklet di Kelurahan Dasan Cermen Kecamatan Sandubaya

Authors

  • Intan Gumilang Poltekkes Kemenkes Mataram
  • Syajaratuddur Faiqah Poltekkes Kemenkes Mataram
  • Fitra Arsy Nur Cory'ah Poltekkes Kemenkes Mataram

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v7i01.1856

Keywords:

ASI Eksklusif; booklet; Relaktasi; Edukasi Kesehatan

Abstract

Di Indonesia cakupan ASI eksklusif pada tahun 2021 adalah 69,7%, berdasarkan data dinas kesehatan Provinsi NTB menyampaikan bahwa cakupan pemberian ASI Eksklusif pada bayi di Provinsi NTB tahun 2021 sebesar 85,4 %. Jika dibandingkan tahun 2020, capaian ASI Eksklusif tahun ini hampir sama dengan tahun sebelumnya yaitu sebesar 85,4 %. Rentang persentase capaian ASI Eksklusif antar kabupaten/kota cukup lebar. Capaian cakupan terendah terdapat di Kota Mataram sebesar 51,5 %. Angka tersebut belum memenuhi target cakupan ASI eksklusif yaitu sebesar 80%. Angka tersebut belum memenuhi target cakupan ASI eksklusif yaitu sebesar 80%. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan  sikap ibu yang tidak memberikan ASI Eksklusif. Adanya perubahan pengetahuan dan  sikap maka diharapkan mampu merubah perilaku ibu untuk relaktasi kembali, jangka panjang memberikan media edukasi booklet ini mampu meningkatkan cakupan ASI eksklusif di wilayah kerja Kota Mataram.Pengadian Kepada masyarakat ini dilakukan dengan tahap yaitu pre test kemudian  memberikan edukasi berupa booklet kepada responden selanjutnya dilakukan post test untuk mengukur pengetahuan dan sikap responden. Sebagai tindak lanjut dari pegabiadn kepada masyarakt ini diharapkan dapat dilakukan intervensi sesuai dengan modul booklet yang sudah disusun maupun diseminasi hasil dari pengembangan program kepada masyarakat maupun pemegang kebijakan.

References

Astuti, S., Judistiani, T. D., Susanti, A. I., Ilmu, D., Masyarakat, K., & Padjadjaran, U. (2016). Evaluasi pembentukan dan pelatihan KP ASI. 05(02), 81–85.
Burgio, M. A., Laganà, A. S., Sicilia, A., Prosperi Porta, R., Porpora, M. G., Ban Frangež, H., Di Venti, G., & Triolo, O. (2016). Breastfeeding education: Where are we going? A systematic review article. Iranian Journal of Public Health, 45(8), 970–977.
Desria, D., & Palarto, B. (2010). Factors Related To Mother`s Knowledge On Antenatal care messages Of The MCH Handbook. 19, 1–19.
Dewi, R. (2015). Komunikasi Terapeutik Konselor Laktasi Terhadap Klien Relaktasi. Jurnal Kajian Komunikasi, 3(2), 192–211. https://doi.org/10.24198/jkk.vol3n2.9
Dikes Prov.NTB. (2021). Profil Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2021. In Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat: Vol. (Nomor juli).
Hanifah, N. (2019). Kelurahan Wonokromo Sebagai Upaya Menuju Relationship Guidelines To the Mother Keep in the Wonokromo. 3(2), 82–88.
Hidayati, R., & Setyorini, D. (2020). Multi Level Education Katoga Improve The Competence of Health Cadres, Public Figure, and Family in Preventing, Early Detection and Handling Pregnancy Emergency. Indonesian Nursing Journal of Education and Clinic (Injec), 4(2), 118. https://doi.org/10.24990/injec.v4i2.242
Jackson, K. M., & Nazar, A. M. (2006). Breastfeeding, the Immune Response, and Long-term Health REVIEW ARTICLE. J Am Osteopath Assoc., 106, 203–207.
Manueke, I., & Donsu, A. (2020). Pocket and Video Books on Kader Knowledge About the Implementation of Labor Planning and Prevention of Complications (P4K). 2nd Manado Health Polytechnic International Conference, September, 193–196. https://ejurnal.poltekkes-manado.ac.id/index.php/PMHP2nd/article/view/971
Martín-Iglesias, S., Santamaría-Martín, M. J., Alonso-Álvarez, A., Rico-Blázquez, M., del Cura-González, I., Rodríguez-Barrientosn, R., Barberá-Martín, A., Sanz-Cuesta, T., Coghen-Vigueras, M. I., de Antonio-Ramírez, I., Durand-Rincón, I., Garrido-Rodriguez, F., Geijo-Rincón, M. J., Mielgo-Salvador, R., Morales-Montalvá, M. S., Reviriego-Gutiérrez, M. A., Rivero-Garrido, C., Ruiz-Calabria, M., Santamaría-Mechano, M. P., … Villa-Arranz, M. (2018). Effectiveness of an educational group intervention in primary healthcare for continued exclusive breast-feeding: PROLACT study. BMC Pregnancy and Childbirth, 18(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12884-018-1679-3
Mihrshahi, S., Tait, H., Haider, R., Ara, G., Kabir, I., & Dibley, M. J. (2019). Characteristics and experiences of peer counsellors in urban Dhaka: A structured interview study. International Breastfeeding Journal, 14(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s13006-019-0240-y
Ninla Elmawati Falabiba. (2019). Precede-Proceed. 8–32. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/2194/3/BAB II.pdf
Parry, K. C., Tully, K. P., Moss, S. L., & Sullivan, C. S. (2017). Innovative Prenatal Breastfeeding Education Curriculum: Ready, Set, BABY. Journal of Nutrition Education and Behavior, 49(7), S214-S216.e1. https://doi.org/10.1016/j.jneb.2017.05.348
Puji, D. (2019). Training of Cadres In The Context of Emergency Identification of Pregnant Women During The Covid-19 Pandemic.
Putri, R. C. (2019). Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Booklet.
Silalahi, V., Hakimi, M., & Lismidiati, W. (2018). Efektivitas Audiovisual dan Booklet sebagai Media Edukasi untuk Meningkatkan Perilaku Skrining IVA. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 14(3), 304. https://doi.org/10.30597/mkmi.v14i3.4494
Wawan.A dan Dewi.M. (2011). 3 2 1 11. In Teori dan Pengukuran Pengetahuan Sikap, dan Perilaku Manusia (hal. 11–47). Nuha Medika.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Gumilang, I., Faiqah , S., & Cory’ah, F. A. N. (2023). Upaya Peningkatan Asi Ekslusif dengan Relaktasi melalui Media Booklet di Kelurahan Dasan Cermen Kecamatan Sandubaya. Jurnal Abdimas Mahakam, 7(01), 34–42. https://doi.org/10.24903/jam.v7i01.1856

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.