Pelatihan Training of Trainer (ToT) Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Artikel Ilmiah Dosen

Main Article Content

Rahmatullah Ayu Hasmiati
Galih Priyambada

Abstract

Berkembangnya tekhnologi dan tingginya kualifikasi jurnal bereputasi menimbulkan banyak tantangan bagi para peneliti untuk mempublikasikan artikel yang telah dimiliki. Munculnya jurnal predator dan kurangnya pengetahuan peneliti terhadap perkembangan terakhir status jurnal bereputasi tidak jarang menimbulkan kerugian baik dari segi efisiensi maupun finansial. Dengan adanya program pelatihan dan pendampingan dosen sebagai Trainer diharapkan dapat memberikan jawaban dan solusi atas keingintahuan dan segala permasalahan yang mungkin menjadi kendala bagi para peneliti khususnya di lingkungan akademik Dosen. Tujuan dari pelatihan ini adalah selain untuk meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah yang dimiliki oleh dosen, juga ditujukan untuk menghasilkan seorang trainer atau pelatih yang terampil dalam bidang penulisan artikel ilmiah pada jurnal bereputasi baik skala nasional ( SINTA) maupun international ( Scopus atau WoS). Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Seluruh Akademisi khususnya Dosen dalam mengembangkan kemampuan menulis pada bidang keahlian masing-masing.

Article Details

How to Cite
Ayu Hasmiati, R., & Priyambada, G. (2022). Pelatihan Training of Trainer (ToT) Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Artikel Ilmiah Dosen. Jurnal Abdimas Mahakam, 6(02), 214-223. https://doi.org/10.24903/jam.v6i02.1593
Section
Articles

References

Retnowati, T. H., Mardapi, D., & Kartowagiran, B. (2018). Kinerja dosen di bidang penelitian dan publikasi ilmiah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 215-225.

Salam, R., Akhyar, M., Tayeb, A. M., & Niswaty, R. (2017). Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Mahasiswa dalam Menunjang Daya Saing Perguruan Tinggi. Jurnal Office, 3(1), 61-65.

SURAT DIRJEN DIKTI NO. 152/E/T/2012: WAJIB PUBLIKASI ILMIAH BAGI S1/S2/S3.

Darmalaksana, W., & Suryana, Y. (2018). Korespondensi dalam publikasi ilmiah. Jurnal Perspektif, 1(2).

Nashihuddin, W., & Aulianto, D. R. (2016). Pengelolaan Terbitan Berkala Ilmiah Sesuai Ketentuan Akreditasi: Upaya Menuju Jurnal Trakreditasi Dan Bereputasi Internasional. Jurnal Pustakawan Indonesia, 15(1-2).

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'