Edukasi Proyeksi Keuangan pada UMKM di Kota Palembang

Main Article Content

Muhammad Hamdan Sayadi
Rafika Sari

Abstract

Pengarahan dan diskusi tentang proses proyeksi keuangan bagi UMKM di Kota Palembang ialah tujuan dari dilakukannya kegiatan ini. Kegiatan ini bermitra dengan salah satu penggiat UMKM di Kota Palembang, Kenanga dan dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2022. Adapun hal utama yang perlu mendapatkan sorotan terhadap mitra antara lain belum pernah membuat proyeksi keuangan, penentuan anggaran dan ekspansi bisnis serta investasi jangka panjang masing menggunakan asumsi pribadi, dan tidak mengetahui metode atau cara apa saja yang digunakan untuk membuat proyeksi keuangan yang sesuai dengan ketentuan akuntansi. Keunggulan dari proyeksi keuangan antara lain menghitung keandalan perusahaan dalam menghasilkan pendapatan, membayar pinjaman, dan merancang suatu bisnis. Kesalahan ketika menentukan proyeksi keuangan berakibat pada salahnya keputusan investasi dan ekspansi bisnis jangka panjang. Setiap pelaku UMKM seharusnya dapat mempersiapkan data-data keuangan dan menyusunnya menjadi proyeksi keuangan sesuai dengan metode ataupun cara-cara yang sesuai dengan pedoman akuntansi yang berlaku.

Article Details

How to Cite
Sayadi, M. H., & Sari, R. (2022). Edukasi Proyeksi Keuangan pada UMKM di Kota Palembang. Jurnal Abdimas Mahakam, 6(02), 135-141. https://doi.org/10.24903/jam.v6i02.1331
Section
Articles

References

Ikatan Akuntan Indonesia. 2016. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Penerbit Dewan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta.
Firmansyah, A., Amardianto, A., & Aji, M. E. N 2019, ‘Edukasi Akuntansi dan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah’, JPM Wikrama Parahita, vol. 3, no. 2, pp 57-63.
Hutauruk, M. R 2020, ‘Pelatihan Akuntansi Entitas Dagang pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah melalui Aplikasi Zahir Accounting Versi 6’, Jurnal Abdimas Mahakam, vol. 4, no. 02, pp 227-237.
Margunani, dkk 2020, ‘Pelatihan Pencatatan Keuangan Sederhana UMKM Intip di Desa Nyatnyono Ungaran Semarang’, PANRITA ABDI, vol. 4, no. 3, pp 305-313.
Sayadi, M. H 2021, ‘Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan pada UMKM di Kota Palembang’, Jurnal Abdimas Mahakam, vol. 5, no. 01, pp 111-118.
Sayadi, M. H 2022, ‘Edukasi Penentuan Harga Jual Produk UMKM melalui Perhitungan Harga Pokok Produksi’, Jurnal Abdimas Mahakam, vol. 6, no. 01, pp 63-70.