Main Article Content

Abstract

Metode pembelajaran merupakan cara yang dapat di pilih untuk menyesuaikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran akan dicapai. Ada berbagai jenis model pembelajaran, namun di masa pendemi ini dari pemerintah telah memberikan aturan bahwa selama pendemi sesemua aktivitas dilakukan dan dilaksanakan dirumah masing-masing salah satunya adalah proses belajar mengajar. Dalam pengajaran ada istilah metode pengajaran dimana metode ini digunakan untuk cara menyampaikan isi dari pembelajaran. Metode pembelajaran dapat membantu para guru untuk dapat melasanakan tugas mengajar dan mengatasi masalah belajar peserta didik. Model pembelajaran dapat dipahami sebagai kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Semala pendemi tidak menjadi alasan proses belajar mengajar berhenti. Namun kebijakan pemerintah telah menngarahkan semua pelaksanaan pembelajaran secara online. Maka model pembelajarn diarahkan ke pembelajaran daring (digital). Hasil dari pertanyaan pertama tanggapan yang paling dominan yaitu ; a) Pembelajaran daring saat ini masih sulit untuk dilakukan karena ada beberapa yang belum terbiasa, dan belum mengetahui bagaimana menggunakan teknologi dan lainnya, b) Dalam pembelajaran daring kurang maksimal dalam menyampaikan materi pembelajaran dan setiap orang tua dan anak mempunyai kendala yang berbeda, c) Pembelajaran daring yang dilakukan selama pandemi memang lebih efektif tapi kendalanya interaksi yang dilakukan tetap tidak sama seperti tatap muka secara langsung yang biasanya kita lakukan. Hasil pembelajaran daring (digital) yang wajid dilakukan oleh para pendidik sekitar 76,2 % setuju dan 23,8 % tidak setuju. Pembelajaran Digital mempermudah menyalurkan komunikasi dan menerima Informasi terkait tentang proses belajar dan pembelajaran Dari hasil diatas sekitar 90,5 % menyatakan bahwa pembelajaran digital mempermudah dalam berkomunikasi dan menerima informasi dalam proses belajar dan pembelajaran terutama di era Pandemi Covid-19.

Article Details

How to Cite
Hanita, H., & Lugi, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD di Masa Pandemi melalui Pengenalan Model Pembelajaran Daring . Jurnal Abdimas Mahakam, 5(2), 183-192. https://doi.org/10.24903/jam.v5i2.1199