Pemberdayaan Masyarakat Kelompok Produktif Dusun Pongangan melalui Program Inovasi Pengembangan Produk di Era Covid-19 Kelompok Produktif

Main Article Content

Firman Mansir

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat kelompok produktif di dusun Pongangan melalui inovasi pengembangan produk. Melalui kegiatan pengabdian ini kami fokus pada produksi emping. Dalam konteks pengabdian Emping merupakan sejenis camilan atau makanan ringan khas nusantara seperti keripik yang terbuat dari biji melinjo (Gnetum gnemon) dengan rasanya agak pahit. Keripik ini dibuat dan diolah dalam industri rumahan yang prosesnya secara tradisional melalui tangan dimana biji ini disangrai menggunakan pasir. Warga Padukuhan Pongangan menggunakan emping sebagai salah satu mata pencaharian untuk menunjang ekonomi warga. Persaingan bisnis yang sangat ketat membuat pembisnis bekerja keras untuk membuat produk yang berkualitas dan jenis yang bervarian sehingga menarik banyak konsumen. Dalam meningkatkan kualitas produk perlu adanya inovasi baik produk itu sendiri maupun packaging-nya. Produksi emping juga merupakan salah satu program kerja mahasiswa KKN UMY yang penulis dampingi selama kegiatan berlangsung dan bertujuan untuk mensosialisasikan dan mempraktekan inovasi varian rasa dan packaging produk emping. Metode kegiatan yang dipraktekkan dalam program ini adalah pembekalan dan training yang diberikan pada pemilik UMKM. Hasil yang didapatkan dari program tersebut adalah meningkatkan reputasi pasaran produk UMKM Emping “Arisena” dan mahasiswa KKN UMY mendapatkan pengetahuan tentang proses produksi emping

Article Details

How to Cite
Mansir, F. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Kelompok Produktif Dusun Pongangan melalui Program Inovasi Pengembangan Produk di Era Covid-19: Kelompok Produktif. Jurnal Abdimas Mahakam, 6(01), 87-95. https://doi.org/10.24903/jam.v6i01.1174
Section
Articles

References

Al Rasyid, H., & Indah, A. T. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Perspektif, 16(1), 39–49.
Anasrulloh, M., & Basiron, B. (2017). Pelatihan Pembuatan Kemasan (Packaging) Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Olahan Kue Kacang Emping Melinjo. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1).
Curatman, A. (2016). Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 18(3), 61–75.
Hadiyanti, P. (2008). Strategi pemberdayaan masyarakat melalui program keterampilan produktif di PKBM Rawasari, Jakarta Timur. Perspektif Ilmu Pendidikan, 17(IX), 90–99.
Halim, H. P., Tumin, T., Mansir, F., & Novi, D. N. R. (2021). Grinting Fried Onion: Empowerment of Grinting Youth Enterpreneur based Digital Village. ASEAN Journal of Empowering Community, 2(1), 29–36.
Kensinger, S. (1997). Re-engineering engineering: managing to be innovative! Computer-Aided Engineering, 16(12), 60.
Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan, PT. Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 12, Issue 01). edisi.
Kurniasari, N. D. (2015). Program CSR berbasis pemberdayaan masyarakat (untuk meningkatkan produktivitas usaha mikro, kecil menengah di Madura). Neo-Bis, 9(1), 98–109.
Mansir, F., & Fatimah, S. (2021). Penggunaan Aplikasi Pembukuan Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Pada UMKM Bangunjiwo Bantul. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 256–262.
Mansir, F., & Majid, M. N. (2021). Pemberdayaan UMKM Dalam Mengoptimalkan Sosial Media Dalam Menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru di Balecatur Sleman DIY. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ITK (PIKAT), 2(1), 21–28.
Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid-19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkerru, 1(1), 39–50.
Muharam, A. S., & Sofian, S. (2011). Analisis Pengaruh Desain Kemasan Produk dan Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Awareness dan Dampaknya Pada Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen Susu Kental Manis Frisian Flag di Kota Semarang). Universitas Diponegoro.
PROVINCE, S. S. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Program Pemberdayaan Masyarakat Miskin di Kecamatan Polongbangkeng Utara.
Rakib, M., & Syam, A. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Life Skills Berbasis Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Produktivitas Keluarga Di Desa Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 6(1), 96–108.
Sumantra, K., Yuesti, A., Suryatmaja, I. B., & Sudiana, A. A. K. (2016). Pemberdayaan Kelompok Ekonomi Produktif Pendukung Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Di Desa Pajahan Dan Munduk Temu Kecamatan Pupuan, Tabanan. Prosiding Semnas Hasil Pengabdian Masyarakat.
Widiati, A. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di †œMAS PACK†Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi (JAAKFE), 8(2).