Pembelajaran Tari Kreasi melalui Media Audio Visual di Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Jantho

Authors

  • Nadra Akbar Manalu
  • Haria Nanda Pratama Institut Seni Budaya Indonesia Aceh

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v6i01.1173

Keywords:

ABK, Media Pembelajaran, Sekolah Luar Biasa, Kota Jantho.

Abstract

Proses pembelajaran seni khususnya seni tari di SLB masih menggunakan metode pembelajaran secara konvensional. Artinya pembelajaran secara konvensional memiliki kelemahan bagi tenaga pengajar dimana ABK sering merasa bosan, tidak fokus, slow respon, dan kurang menarik perhatian ABK. Pengabdian ini menawarkan proses pembelajaran digital yang digunakan ABK seperti media audio visual menjadi media alternatif. Dimana media audio visual seperti video gerak tari, peragaan tempo dan iringan musik menjadi bentuk pembelajaran baru. Metode dalam pengabdian ini meliputi persiapan, survei, sosialisasi penyesuaian komposisi gerak, kerja studio (proses pembuatan video), edukasi dan pertunjukan. Gerak tari yang diajarkan berangkat dari kesenian tari Aceh melalui proses kreasi sesuai dengan kemampuan dari ABK. Tari kreasi yang dibuat mengandung rukun-rukun (ragam gerak) kesenian Aceh. Kesenian tersebut diadopsi dari rukun tari kreasi Ratoeh Jaro, meliputi rukun Salam pembuka, demo, amin-lalee, salam penutup dan penutup. Rukun-rukun tersebut menjadi gerak dasar yang dikembangkan dalam suatu komposisi gerak tari kreasi baru dengan iringan musik Khutidheng. Tari Kreasi ini dibuat dalam bentuk video sebagai metode pembelajaran bagi ABK di SLB Negeri Kota Jantho. Hal ini bertujuan agar ABK lebih mudah dalam proses belajar tari serta meningkatkan antusias diri untuk mengebangkan potensi dan kreatifitas anak-anak berkebutuhan khusus. Hasil akhir dari pengabdian ini adalah menghasilkan video pembelajaran berbasis digital dengan materi gerak tari kreasi guna menanamkan karakter budaya bagi ABK serta melalui video pembelajaran ini ABK di SLB Negeri Kota Jantho dapat belajar kapan saja dan dimana saja secara mandiri. Pembejaran tari Ratoh Jaroe dalam kegiatan pengabdian mampu menumbuhkan rasa percaya diri siswi di SLB Negeri Kota Jantho dibuktikan dengan sukses tampil dalam pertunjukan tari yang dilaksanakan masyarakat Kota Jantho.

References

Agustiningrum, Maria Denik Bekti. 2014. Penanaman Proses Pendisplinan Diri Anak Berkebutuhan Khusus (Tuna Rungu Wicara) Dalam Pembelajaran Tari Tradisional. Jurnal Cakrawala Dini: Vol. 5 No.1.
Ervan, Boby. 2013. Pembelajaran Musik Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SMP Negeri 4 Payakumbuh. E-Jurnal Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang: Vol. 2. No. 1.
Ferawati, Yusnita. 2015. Pembelajaran Tari Kreasi Bungong Jeumpa Pada Anak Tunarungu di SLB Negeri Semarang. Under Graduates Thesis, 21837.
Hastuti, Dwi Endah. 2014. Implementasi Muatan Lokal Seni Tari Pada Peserta Didik SMALB Tunarungu Di SLB B-C Hamong Putro Jombor Bendosari Sukoharjo. Jurnal Teknodika: Vol. 12. No. 2.
Idhartono, Amelia Rizky. 2021. Implementasi Pembelajaran Seni Tari Pada Anak Tunaganda di YPAC Surabaya. Jurnal Didaktika: Vo. 10. No.3.
Indahsari, Marisyanti. 2012. Pengembangan Keterampilan Gerak Dasar Motorik Melalui Pembelajaran Seni Tari Kipas pada Anak Tunarungu. Riau: Jurnal Sport Science Indonesia
Jauhari, Muhammad Nurrohman. 2021. Pelatih Strategi Pengembangan Keterampilan Sosial Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelompok KKG PK-LK Kabupaten Jombang. Jurnal Kanigara Vol. 1. No.1.
Jazuli. 2007. Pendidikan Seni Budaya Suplemen Pembelajaran Seni Tari. Semarang: Unnes Press.
Maftuhatin, Lilik. 2014. Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di Kelas Inklusif Di SD Plus Darul ‘Ulum Jombang. Religi: Jurnal Studi Islam Vol. 5, No. 2.
Mareza, Lia. 2016. Pengajaran Kreativitas Anak Berkebutuhan Khusus Pada Pendidikan Inklusi. Jurnal Indigenous: Vol. 1 No.2.
Meriza, Lia. 2017. Pendidikan Seni Budaya Dan Prakarya (SBdP) Sebagai Strategi Intersensi Umum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Scholaria: Vol. 7 No.1.
Mareza, Lia. 2018. Strategi Dan Model Pembelajaran Seni rupa Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Psychopolytan (Jurnal Psikologi) : Vol. 1 No. 2.
Nurbayani, Sri. 2017. Menumbuhkan Kreativitas Anak Tunarungu Dalam Kegiatan Pengembangan Diri Seni Tari Di SLB Negeri 2 Padang. E-Jurnal Sendratasik: Vol. 6 No1 Seri C.
Nurwati, Andi. 2014. Penilaian Ranah Psikomotorik Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 9, No. 2. STAIN Kudus Jawa Tengah.
Robby Hidayat. 2011, Koreografi dan Kreatifitas, Yogyakarta: Kendik Media Pustaka Seni Indonesia.
Saputri, Dias Rizki. 2013. Proses Pembelajaran Seni Musik Bagi Siswa Tunanetra. Jurnal Harmoni, Vol 13, 1, 37-44.
Sari, Cici Aulia. 2019. Pelatihan Pengembangan Diri Seni Tari Pada Anak Tunarungu Di SLB Wacana Asih Kota Padang. E-Jurnal Sendratasik: Vol. 7 No.3 Seri B.
Sari, Dyan Indah Purnama. 2017. Pembelajaran tari Kreatif Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Berkebutuhan Khusus di SLB -G Daya Ananda Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol 3, 122-128.
Syofia, W. 2016. Pelatihan Seni Tari dan Musik Sebagai Media Terapi Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Luar Biasa Silaing Bawah Kota Padang Panjang. Jurna Batoboh, Vol 1, 118-130.
Wahyuningsih, Tri. 2020. Pembelajaran Berkarya Seni Lukis Dengan Pendekatan Emosi Menggunakan Berbagai Media Bagi Siswa Tunagrahita Kelas 6 SLB Negeri Mandiraja. Jurnal Pendidikan Seni, 9 (2)

Downloads

Published

2022-02-23

How to Cite

Manalu, N. A. ., & Pratama, H. N. . (2022). Pembelajaran Tari Kreasi melalui Media Audio Visual di Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Jantho. Jurnal Abdimas Mahakam, 6(01), 1–18. https://doi.org/10.24903/jam.v6i01.1173

Issue

Section

Articles