Optimalisasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 dengan Pembinaan Bahan Ajar Digital dan E-Learning

Main Article Content

Taghfirul Azhima Yoga Siswa
Wawan Joko Pranoto

Abstract

Dampak pandemic Covid-19 yang saat ini melanda Indonesia menyebabkan segala aktifitas diluar rumah harus dibatasi bahkan ditiadakan dan digantikan dengan bekerja dari rumah atau work from home sebagai langkah untuk memutus rantai penyebaran virus. Pada sektor pendidikan khususnya SMK Negeri 15 Samarinda, pembelajaran yang biasanya dilakukan tatap muka harus ditiadakan dan digantikan dengan pembelajaran secara daring atau online. Dibutuhkan solusi dan tindakan yang tepat untuk dapat memastikan kegiatan belajar mengajar tetap terlaksana dengan baik ditengah wabah Covid-19 yang sedang melanda. Pengabdian masyarakat dengan In House Training diharapkan mampu untuk membina dan membantu para guru dalam mempersiapkan kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode survei lokasi, mempersiapkan materi pelatihan, pelaksanaan kegiatan pelatihan, dan evaluasi kegiatan pelatihan. Pelaksanaan kegiatan pelatihan In House Training dilaksanakan selama 1 hari dan di hadiri oleh guru-guru SMK Negeri 15 Samarinda sebanyak 42 orang dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah guru-guru mampu untuk membuat dan mengoptimalisasikan bahan ajar digital menggunakan Microsoft PowerPoint dan PowToon serta menerapkan pembelajaran daring pada Learning Management System (LMS) dengan plaform Google Classroom dan Edmodo

Article Details

How to Cite
Yoga Siswa, T. A., & Pranoto, W. J. (2022). Optimalisasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 dengan Pembinaan Bahan Ajar Digital dan E-Learning. Jurnal Abdimas Mahakam, 6(01), 39-49. https://doi.org/10.24903/jam.v6i01.1169
Section
Articles

References

Afriansyah, E. A., Sofyan, D., Puspitasasri, N., Lurytawati, I. P., Sundayana, R., Maryati, I., ... & Basuki, B. (2020). Edmodo E-learning Media Training for Learning Optimization. Journal Pekemas, 3(2), 33-39.
Alshawi, S. T., & Alhomoud, F. A. (2016). The impact of using edmodo on Saudi university EFL students’ motivation and teacher-student communication. International Journal of Education, 8(4), 105-121.
Asyifa, S. M. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah, 1-7.
Dewi, R., Asyura, I., & Pamungkas, A. S. (2020). The Development Design Of Digital Teaching Materials Assisted By Powtoon Application For Science Learning In Primary School. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(2), 212-226.
Ellington, H & Race, P. (1993). Producing teaching materials. London: Kogan Page.
Faisal, M., Hotimah, H., Nurhaedah, N., Nurfaizah, A. P., & Khaerunnisa, K. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Publikasi Pendidikan, 10(3), 266-270.
Graham, B. (2015). Power up your PowToon Studio project. Packt Publishing Ltd.
Manullang, S., Siregar, N., & Sitompul, P. (2021). Pelatihan Google ClassRoom untuk Guru-Guru SMP Satu Atap Patumbak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat2, 27(2), 186-191.
Martínez-Monés, A., Reffay, C., Torío, J. H., & Cristóbal, J. A. M. (2017, October). Learning Analytics with Google Classroom: Exploring the possibilities. In Proceedings of the 5th International Conference on Technological Ecosystems for Enhancing Multiculturality (p. 47). ACM.
Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint dan Pemanfaatan Aplikasi Android untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2 (3), 181-184.
Sadjati, Ida Malati (2012) Pengembangan Bahan Ajar. In: Hakikat Bahan Ajar. Universitas Terbuka, Jakarta, pp. 1-62. ISBN 9790110618
Sungkono, dkk. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY
Suryadi Ahmad, S. Pd. (2020). Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid I (p. 6). CV Jejak (Jejak Publisher).
Rowntree, D. (1995). Preparing Materials for Open, Distance, and Flexible Learning. London: Kogan Page.