Pembuatan Sulam Payet Kreasi Payung Pengantin Aceh melalui Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Gampong Jantho Makmur

Main Article Content

Sartika Br Sembiring
Putri Dahlia
Tria Ocktarizka

Abstract

Abstrak


Kerajinan merupakan suatu hasil karya keterampilan tangan yang membutuhkan ketelitian dan kerapian tinggi agar terlihat hasil yang memuaskan. Keindahan hasil karya kerajinan yang indah dan unik akan memberikan kepuasan batin bagi penikmatnya. Karya kerajinan sulam payet merupakan salah satu kerajinan yang banyak diminati oleh kaum ibu-ibu secara khusus. Namun berkaitan dengan kerajinan sulam payet dengan media payung pengantin Aceh, belum banyak dijumpai pelatihan-pelatih terkait. Melihat betapa kurangnya ruang pelatihan untuk sulam payet media payung, maka diadakan pelatihan kreasi payung dengan mengunakan beberapa motif ornamen bernuansa kearifan lokal. Pelatihan diharapkan mampu mengasah kreavitivras ibu PKK Gampong Jantho Makmur dalam membuat karya sulam payet kreasi. Pelatihan ini juga bertujuan memberikan dampak yang signifikan tentang kesejahteraan keluarga ibu PKK. Selain itu diharapkan menambah kegiatan positif untuk mengisi kesibukan yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah Gampong Jantho Makmur. Proses pembuatan sulam payet terdiri dari proses pengenalan bahan, teknik yang digunakan hingga pada tahap finishing. Selain itu diberikan arahan dalam pengelolaan sebuah manajeman usaha agar ibu PKK Gampong Jantho Makmur giat dalam membuka usaha UMKM desa.


Kata Kunci: Kata Kunci: Sulam Payet, Payung, Pengantin Aceh.

Article Details

How to Cite
Sembiring, S. B., Dahlia, P., & Ocktarizka, T. (2022). Pembuatan Sulam Payet Kreasi Payung Pengantin Aceh melalui Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Gampong Jantho Makmur. Jurnal Abdimas Mahakam, 6(01), 28-38. https://doi.org/10.24903/jam.v6i01.1158
Section
Articles

References

Daftar Pustaka

Ali, Mahrus dkk. (2013). Pelatihan Kerajinan Tangan dari Kain Flanel Sebagai Pemberdayaan. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. Volume 2 Nomor 2.
Anggia Mustika. 2015. Pengembangan Motif Hias Aceh Pada Busana Adat Pengantin Aceh Modifikasi. (Skipsi). Banda Aceh: FKIP Unsyiah.
Azizi, Teuku. 2018. Struktur dan Perkembangan Motif Pintu Aceh. Jurnal Ilmiah: Melayu Arts and Performance Journal. Volime 1 Nomor 1.
Fitriana dk. 2018. Daya Tarik Wisatawan Pada Produk Kerajinan Bordir Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Volume 3 Nomor 1.

Gadi dkk. 2021. Pelatihan Sulaman Manik - Manik Motif Rose Tiga Demensi (3d) Sebagai Upaya Pengembangan Kreativitas Pengrajin Sulaman. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana FT UNY.
Kumsatun, 2002. Ragam Hias dan Motif Aceh. Banda Aceh. Dekranas Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
Kusumawati Toyibah, Listya Asyfa Muhaymina. 2021. Pelatihan Keterampilan Membuat Kerajinan Bagi Para Anggota PJJI ÔÇťArmalah. Jurnal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Seni Vol 2, No 2
Maya dan Coly. 2007. Kreasi Sulam Payet untuk Pemula. Jakarta: Kawan Pustaka.
Riyardi Agung. 2013. Deindustrialisasi Pada Industri Tekstil dan Produk Tekstil di Pulau Jawa. Jurnal Ilmiah: JEJAK Journal of Economics and Policy.
Skirman. 2017. Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha Melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 20 Nomor 1.
Suprihatiningsih.2020.Prakarya dan Kewirausahaan Tata Busana di Madrasah Aliyah (Pengenalan dan Praktik Penggunaan Alat Jahit Mesin dan Manual). Yogyakarta: Deepublish.

Tandu dkk. 2020. Pelatihan Dan Pendampingan Aplikasi Payet Pada Produk Kulit Kayu Nyamu Dan Rotan Di Kelompok Perajin Peduli: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat. Vol.4, No.1
Wacik, Triesno Jero. 2012. Adhikarya Sulam Indonesia. Indonesia: Yayasan Sulam Indonesia
Wood, Cut Marlyn. 2012. Tata Rias Pengantin Aceh Tradisional dan Modifikasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Yeni, Delfita. 2018. Kreasi Bentuk Bulu Merak Sebagai Motif dalam Fashion. Jurnal Ilmiah: Jurnal Suluh. Volume 1 Nomor 2.
Winarsih, Wilastri. 2014. Menghias Kain Dengan Sulaman: Mengubah Atau Menghias Corak. Jurnal Ilmiah: WUNY XVI No 1.