Pelatihan Test Of English Foreign Language (TOEFL) bagi Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Main Article Content

Indah Sari Lubis
Vera Anitra
Azhar Latief

Abstract

Test Of English Foreign Language (TOEFL)  Institusional Testing Program (ITP) saat ini merupakan tren di kalangan pelajar maupun pekerja, sebab tes ini digunakan  sebagai prasyarat  dalam  banyak hal, seperti syarat kelulusan, syarat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, syarat masuk kerja hingga syarat kenaikan jabatan. Bagi mahasiswa yang  akan mengakhiri masa studi sarjana di Program Studi Manajemen di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) tes ini digunakan sebagai syarat kelulusan, dengan  skor minimal 400. Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan kemampuan  mahasiswa, salah satunya yang dilakukan oleh tim pengabdi. Pada tanggal 21 Maret 2021 situasi masih masa pandemi, sehingga kegiatan ini tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka, namun secara daring melalui aplikasi zoom. Mahasiswa diberikan pelatihan untuk memahami tips and tricks menghadapi TOEFL yang berdasar paper base. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi yang terdiri dari jenis-jenis beasiswa dalam dan luar negeri, contoh beasiswa penuh dengan tes ini sebagai persyaratan utama, disampaikan  juga komponen tes serta contoh soalnya. Di samping itu, sharing pengalaman mengikuti tes ini oleh tim pengabdi menjadi rangkaian acara ini. Kegiatan selanjutnya adalah sesi try out, peserta diberikan beberapa soal yang berhubungan dengan pelatihan, sehingga peserta mengenal langsung tes TOEFL yang sesungguhnya. Dari hasil try out dapat dinilai bahwa kegiatan ini membangkitkan semangat mahasiswa untuk menyelesaikan test, sehingga jika nantinya menghadapi tes yang sesungguhnya memperoleh score lulus.

Article Details

How to Cite
Lubis, I. S., Fauziah, F., Anitra, V., & Latief, A. (2022). Pelatihan Test Of English Foreign Language (TOEFL) bagi Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Jurnal Abdimas Mahakam, 6(01), 57-62. https://doi.org/10.24903/jam.v6i01.1142
Section
Articles
Author Biography

Fenty Fauziah, UMKT

Manajemen

References

Fitria, T. N. dan Prastiwi, I. E. 2020. Pelatihan Tes Toefl (Test Of English Foreign Language) Untuk Siswa SMK/SMA, Mahasiswa, Dosen Dan Umum. Jurnal Budimas. 2(2), 173-180.

Hartanto, E. C. S., & Inayati, R. (2016). Strategi Peningkatan Nilai TOEFL Mahasiswa Di Universitas Trunojoyo Madura. Prosodi. 10(2), 133-144.

Lubis, L. R., Irmayana, A., & Nurbaidah, N. (2019). Analisis Faktor Kesulitan Mahasiswa IPTS Dalam Menyelesaikan Soal-Soal TOEFL. Prosiding. Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan ke-3, 380-387

Ma, J. and Cheng, L. (2015). Chinese students’ perceptions of the value of test preparation courses for the TOEFL IBT: merit, worth, and significance. TESL Canada Journal. 33(1), 58-79.

Nurhayati, N dan Nehe, B. M. (2016). An Analysis Of Students’ Strategies In Answering TOEFL. The Journal of English Language Studies. 1(1), 10-18.

Philips, D. (2001). Longman complete course for the TOEFL test. New York: Longman.

Saafin, S. (2014). Different performance of EFL university students on TOEFL and IELTS. AWEJ .5 (1). Pp.79-88.

Salam, U. (2017). Toefl Antara Penting Dan Frustasi: Analisis Kebijakan “Toefl” Di Universitas Tanungpura. Jurnal Pembelajaran Prospektif. 2 (1). 37-44

Sucahyo, S. A. (2016). Peta nilai TOEFL mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Institut Agama Islam negeri Samarinda. Fenomena, 8(1). Pp. 101-109

Sukur, S. G. (2013). Magic trick TOEFL ITP: magic trick menyelesaikan soal-soal TOEFL ITP ala sang pakar. Yogyakarta: Kalarana Press.

Tyagi, B. (2013). Listening : An Important Skills and Its Various Aspects. The Criterion. Issue 12, 1-8.

Utami, S. S., & Pirmansyah, B. (2018). Peningkatan Skor Test Bahasa Inggris (TOEFL) Melalui Pelatihan Secara Intensif. Lingua Franca. 2(2), 36-46.

Most read articles by the same author(s)