Edukasi Penentuan Harga Jual Produk UMKM melalui Perhitungan Harga Pokok Produksi

Main Article Content

Muhammad Hamdan Sayadi

Abstract

Kegiatan ini bertujuan melakukan pendampingan perhitungan harga pokok produksi yang dijadikan pertimbangan utama dalam penentuan harga jual produk. Kegiatan ini akan dilakukan dengan mitra yang fokus pada penjualan produk deodoran spray rumahan. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Mei – Juni 2021. Beberapa hal yang menjadi permasalahan mitra antara lain, belum pernah menghitung harga pokok produksi, penentuan harga jual produk hanya menggunakan asumsi pribadi, tidak diketahui apakah harga jual produk diatas atau dibawah harga pokok produksi. Langkah pertama melakukan perhitungan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan bahan baku sebagai bahan untuk membuat produk deodoran. Langkah selanjutnya melakukan perhitungan biaya yang digunakan untuk membuat deodoran selain biaya bahan baku langsung. Kesalahan dalam perhitungan harga pokok produksi akan mengakibatkan kesalahan dalam menentukan harga jual. Awal mula kerugian suatu bisnis berawal dari kesalahan dalam menentukan harga jual. Mitra selama ini melakukan perhitungan hanya berdasarkan harga perkiraan dalam menentukan harga jual produk deodoran spray ukuran 60 dan 100ml. Mitra tidak mengetahui cara menentukan harga yang akan digunakan sebagai dasar produk untuk dijual. Dapat disimpulkan bahwa selama ini mitra tidak mengetahui dengan pasti harga pokok produksi untuk membuat sebuah produk deodoran spray baik ukuran 60ml dan 100ml. Setelah kegiatan ini, mitra diharapkan dapat mengetahui cara perhitungan harga pokok produksi dan penentuan harga jual dan mengetahui pentingnya penentuan tersebut melalui perhitungan  yang sesuai standar.

Article Details

How to Cite
Sayadi, M. H. (2022). Edukasi Penentuan Harga Jual Produk UMKM melalui Perhitungan Harga Pokok Produksi. Jurnal Abdimas Mahakam, 6(01), 63-70. https://doi.org/10.24903/jam.v6i01.1141
Section
Articles

References

Firmansyah, A., Amardianto, A., & Aji, M. E. N 2019, ‘Edukasi Akuntansi dan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah’, JPM Wikrama Parahita, vol. 3, no. 2, pp 57-63.
Hafni, R., & Rozali, A 2015, ‘Analisis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Indonesia’, Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, vol. 15, no. 2, pp 77-96.
Halim, A 2020, ‘Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju’, GROWTH: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, vol. 1, no. 2, pp 157-172.
Hutauruk, M. R 2020, ‘Pelatihan Akuntansi Entitas Dagang pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah melalui Aplikasi Zahir Accounting Versi 6’, Jurnal Abdimas Mahakam, vol. 4, no. 02, pp 227-237.
Ikatan Akuntan Indonesia 2016, ‘Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah, Penerbit Dewan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta.
Rosita, R 2020, ‘Pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia’, Jurnal Lentera Bisnis, vol. 9, no. 2, pp 109-120.
Rosmadi, M. L. N 2019, ‘Analisis Faktor-faktor Penunjang Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)’, Seminar Nasional Ekonomi &Bisnis Dewantara, pp 41-48.
Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M 2019, ‘UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa’, Jurnal Riset Ekonomi Pembangunan, vol. 4, no. 2, pp 137-146.
Sayadi, M. H 2019, ‘Inisiasi Pembuatan Kemasan Kopi Untuk Meningkatkan Perekonomian Desa Alun Dua di Kecamatan Pagar Alam Utara’, Jurnal Abdimas Mandiri, vol. 3, no. 2, pp 104-108.
Sayadi, M. H 2021, ‘Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan pada UMKM di Kota Palembang’, Jurnal Abdimas Mahakam, vol. 5, no. 01, pp 111-118.
Undari, W., & Lubis, A. S 2021, ‘Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat’, Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, vol. 6, no. 1, pp 32-38.