Kartu Pantau ASI Eksklusif sebagai Sarana Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat untuk Pencegahan Stunting di Era Covid-19

Main Article Content

Syajaratuddur Faiqah
Intan Gumilang
Fitra Arsy Nur Cory’ah

Abstract

Kasus COVID-19 dari waktu kewaktu semakin meningkat jumlahnya sehingga, diperlukan perhatian serta penanganan yang lebih dari seluruh pihak yang terkait. Upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19 perlu dilakukan sedini mungkin, khususnya dalam penurunan Angka Kematian Bayi. Pendekatan secara sinergis dari seluruh pihak lintas program maupun sektoral, dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bayi dan anak. Upaya pencegahan kesakitan pada bayi yaitu dengan meningkatkan imunitas tubuh, salah satunya dengan pemberian ASI Ekslusif. Di Propinsi NTB cakupan ASI Eksklusif pada tahun 2016 yaitu 86,63%, selanjutnya mengalami penurunan di tahun 2017 yaitu 77,66%. Selanjutnya Cakupan ASI Eksklusif di Puskesmas Babakan pada tahun 2017 sebesar 72,25 %, sedangkan pencapaian ASI Ekslusif di Puskesmas Babakan pada bulan Oktober tahun 2019 di Kelurahan Dasan Cermen 60%, masih dibawah cakupan Propinsi. Cakupan pemberian ASI Eksklusif pada bayi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, terutama keterbatasan tenaga konselor ASI Eksklusif, peraturan perundangan tentang pemberian ASI belum ada, kegiatan edukasi belum maksimal, kegiatan sosialisasi yang masih kurang terutama pemberian ASI maupun MP-ASI, begitu pula dengan kurangnya advokasi, ketersediaan sarana dan prasarana yang belum memadai, serta pembina kelompok pendukung ASI dan MP-ASI yang belum optimal. Metode yang digunakan membentuk kelompok edukasi ASI Eksklusif berbasis masyarakat terdiri dari kader, melalui pertemuan rutin disetiap bulannya dengan bahasanan mengenai pengalaman pribadi, ide atau gagasan dari para kader, serta berbagi informasi mengenai kehamilan, persalinan dan menyusui. Tujuan kelompok ASI adalah agar kader bisa memberdayakan ibu dalam melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan memberikan ASI eksklusif secara lancar sehingga dapat mencegah terjadinya stunting.

Article Details

How to Cite
Faiqah , S., Gumilang, I., & Cory’ah, F. A. N. (2022). Kartu Pantau ASI Eksklusif sebagai Sarana Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat untuk Pencegahan Stunting di Era Covid-19. Jurnal Abdimas Mahakam, 6(01), 19-27. https://doi.org/10.24903/jam.v6i01.1140
Section
Articles

References

Arifah, S. (2021). Implementasi Peraturan Pemerintah No. 33 Tahun 2012 Tentang Pemberian ASI Eksklusif. In Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah (Vol. 17, Nomor 1, hal. 1–9). https://doi.org/10.31101/jkk.2060
Astuti, S., Judistiani, T. D., Susanti, A. I., Ilmu, D., Masyarakat, K., & Padjadjaran, U. (2016). Evaluasi pembentukan dan pelatihan KP ASI. 05(02), 81–85.
Burgio, M. A., Laganà, A. S., Sicilia, A., Prosperi Porta, R., Porpora, M. G., Ban Frangež, H., Di Venti, G., & Triolo, O. (2016). Breastfeeding education: Where are we going? A systematic review article. Iranian Journal of Public Health, 45(8), 970–977.
Hidayati, R., & Setyorini, D. (2020). Multi Level Education Katoga Improve The Competence of Health Cadres, Public Figure, and Family in Preventing, Early Detection and Handling Pregnancy Emergency. Indonesian Nursing Journal of Education and Clinic (Injec), 4(2), 118. https://doi.org/10.24990/injec.v4i2.242
Hospital, G. G. (2012). Role Of Exclusive Breastfeeding And S-Iga Antibodies Antirotavirus Breast Milk Towards Risk Of Acute Rotavirus Diarrhea In Infants Age Of 1-6 Months : Do They Corelate To Breastfeeding " Daily Dose " And Antibody Titers ? 6(1), 20–25.
Jackson, K. M., & Nazar, A. M. (2006). Breastfeeding, the Immune Response, and Long-term Health REVIEW ARTICLE. J Am Osteopath Assoc., 106, 203–207.
Kemenkes RI. (2014). Infodatin-Asi. In Millennium Challenge Account - Indonesia (hal. 1–2). https://pusdatin.kemkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/infodatin-asi.pdf
Kementerian Kesehatan RI. (2018). Survei Demografi Dan Kesehatan. In Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.
Manueke, I., & Donsu, A. (2020). Pocket and Video Books on Kader Knowledge About the Implementation of Labor Planning and Prevention of Complications (P4K). 2nd Manado Health Polytechnic International Conference, September, 193–196. https://ejurnal.poltekkes-manado.ac.id/index.php/PMHP2nd/article/view/971
Martín-Iglesias, S., Santamaría-Martín, M. J., Alonso-Álvarez, A., Rico-Blázquez, M., del Cura-González, I., Rodríguez-Barrientosn, R., Barberá-Martín, A., Sanz-Cuesta, T., Coghen-Vigueras, M. I., de Antonio-Ramírez, I., Durand-Rincón, I., Garrido-Rodriguez, F., Geijo-Rincón, M. J., Mielgo-Salvador, R., Morales-Montalvá, M. S., Reviriego-Gutiérrez, M. A., Rivero-Garrido, C., Ruiz-Calabria, M., Santamaría-Mechano, M. P., … Villa-Arranz, M. (2018). Effectiveness of an educational group intervention in primary healthcare for continued exclusive breast-feeding: PROLACT study. BMC Pregnancy and Childbirth, 18(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12884-018-1679-3
Mufdillah, Subijanto, Sutisna, E. &, & Akhyar, M. (2017). Pedoman Pemberdayaan Ibu Menyusui pada Program ASI Ekslusif. Peduli ASI Ekslusif, 0–38.
NTB, P. (2020). Peraturan Gubernur Nusa Tenggara Barat Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Pedoman Umum Penanganan Covid 19 Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat. 1–4.
Parry, K. C., Tully, K. P., Moss, S. L., & Sullivan, C. S. (2017). Innovative Prenatal Breastfeeding Education Curriculum: Ready, Set, BABY. Journal of Nutrition Education and Behavior, 49(7), S214-S216.e1. https://doi.org/10.1016/j.jneb.2017.05.348
PDPI, PERKI, PAPDI, PERDATIN, & IDAI. (2020). Pedoman tatalaksana COVID-19 Edisi 3 Desember 2020. In Pedoman Tatalaksana COVID-19. https://www.papdi.or.id/download/983-pedoman-tatalaksana-covid-19-edisi-3-desember-2020
Puji, D. (2019). Training of Cadres In The Context of Emergency Identification of Pregnant Women During The Covid-19 Pandemic.
Ratnasari, E. (2016). Analisis Input Program Kelompok Pendukung Ibu (KP-Ibu) sebagai Upaya Meningkatkan ASI Eksklusif di Desa Kedunguter, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.
Wawan.A dan Dewi.M. (2011). 3 2 1 11. In Teori dan Pengukuran Pengetahuan Sikap, dan Perilaku Manusia (hal. 11–47). Nuha Medika.