Sosialisasi Media Pembelajaran Interaktif melalui Power Point terhadap Kreativitas Anak

Main Article Content

Nur Rahmi Rizqi
Minta Ito Simamora

Abstract

Microsoft powerpoint adalah perangkat lunak aplikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan dokumen dalam bentuk teks, gambar, gambar, berbagai warna dan tipografi, hyperlink, audio, video, dan animasi. Media yang menyampaikan inti dari dokumen sehingga yang kita sampaikan menjadi tampilan yang menarik dilambangkan sebagai powerpoint. Idealnya powerpoint hanya digunakan seperti media presentasi satu arah (non-interaktif), dimana siswa cuma berperan sebagai pendengar atau audiens tanpa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran maka banyak remaja membuat powerpoint dengan teks yang panjang dan gambar yang membosankan. Sehingga kurangnya kreativitas remaja dalam membuat powerpoint yang menarik. Keberhasilan pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini dilihat dari ketertarikan anak remaja di forum anak remaja terhadap media pembelajaran interaktif powerpoint yang aesthetic dari video yang diberikan. Hal ini dikarenakan remaja masih belum mampu membuat presentasi powerpoint yang menarik dan materi yang diberikan sangat membantu peserta karena sangat memungkinkan untuk melihat permasalahan yang diberikan pada saat demonstrasi, sehingga para remaja dapat memenuhi kebutuhannya berkreasi.

Article Details

How to Cite
Rizqi, N. R., & Simamora, M. I. (2022). Sosialisasi Media Pembelajaran Interaktif melalui Power Point terhadap Kreativitas Anak. Jurnal Abdimas Mahakam, 6(01), 71-78. https://doi.org/10.24903/jam.v6i01.1139
Section
Articles

References

Astuti, F. 2013. Menggali dan Mengembangkan Potensi Kreativitas Seni pada Anak Usia Dini. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 14(1). https://doi.org/10.24036/komposisi.v14i1.3950
Fajar. 2017. Metode Power Point Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Jurnal Kewarganegaraan, 1(1), 5–7.
Hutahaean, J., Azhar, Z., & Mulyani, N. 2020. PELATIHAN APLIKASI MICROSOFT POWERPOINT BAGI GURU DAN STAF SD NEGERI 010240 PEMATANG CENGKRING KECAMATAN MEDANG DERAS. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(2), 147–154. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v3i2.516
Jayusman, I., Gurdjita, G., & Shavab, O. A. K. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Multi Media Power Point Pada Mata Kuliah Sejarah Asia Timur. Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 3(1), 37. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2886
Kamilah, M. N., Noor, E. T., & Mustofa, T. 2021. KREATIFITAS GURU PAI DALAM PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT DI SMPN 1 KARAWANG TIMUR. Jurnal Ilmu Profesi Pendidikan.
Makmur, A. 2015. Efektifitas Penggunaan Metode Base Method Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Smp N 10 Padangsidimpuan. Jurnal EduTech, 1(1), 5–48.
Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. 2018. Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? Jurnal WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939
Purwanto, E. 2020. MATEMATIKA ( Representation Of High School Students for Solving Mathematical Problems ). Theta Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).
Putri, F. A. 2020. Analisis Perkembangan Seni Kreativitas Siswa Kelas Rendah Muhammadiyah Pajangan 2 Yogyakarta. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v3i1.4603
Tarigan, D., & Siagian, S. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295
Tirtiana, C. P. 2013. Pengaruh kreativitas belajar, penggunaan media pembelajaran power point, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas X AKT SMK Negeri 2 Blora tahun ajaran 2012/2013 (motivasi belajar sebagai variabel intervenin. Economic Education Analysis Journal, 2(2), 15–23.
Warsita, B. 2013. Kreativitas Dalam Pengembangan Media Video/Televisi Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 85–99. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.10
Wijaya, Y. K. 2015. Meningkatkan Kreativitas Anak dalam Menggambar dengan Menggunakan Media Slide Show Berbasis Powerpoint di TK Permata Surabaya. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 3(2), 227–233.
Zulhelmi, Z., Adlim, A., & Mahidin, M. 2017. Pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 72–80.