Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer di Kantor Dinas Perindustrian Kota Samarinda

Authors

  • Risa Supriningrum Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda
  • Hayatus Sa’adah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda
  • Rusdiati Helmidanora Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda

Keywords:

hand sanitizer, kelurahan karang asam ilir, kelurahan sempaja utara, kelurahan sungai kapih.

Abstract

Sejak terjadinya pandemi covid 19 ketersediaan hand sanitizer di Indonesia menjadi  sangat langka di pasaran, dikarenakan banyak orang yang membeli barang tersebut secara berlebihan. Pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau menggunakan hand sanitizer sebagai salah satu upaya mencegah penularan covid 19. Pembersih tangan (hand sanitizer) memiliki kemampuan menghambat hingga membunuh bakteri. Tujuan dilakukannya pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan kepada masyarakat cara membuat hand sanitizer dari bahan sintetis dan bahan alam. Formula hand sanitizer dari bahan sintetis berupa alkohol 96%, hydrogen peroksida, gliserin dan aquades. Sedangkan formula hand sanitizer dari bahan alam berupa daun sirih, jeruk nipis dan aquades. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda. Peserta pada kegiatan ini adalah perwakilan warga Kelurahan Karang Asam Ilir, Kelurahan Sempaja Utara dan Kelurahan Sungai Kapih. Metode yang digunakan pada pengabdian masyarakat meliputi ceramah tentang pentingnya menjaga kebersihan tangan, pengertian hand sanitizer, uraian bahan yang digunakan, dilanjutkan demonstrasi dan bimbingan.  Kegiatan ini didanai oleh Desperidagkop UKM Provinsi Kalimantan Timur. Harapan dengan dilaksanakan pelatihan ini ialah masyarakat dari kelurahan yang menjadi peserta lebih peduli dengan kebersihan dan dapat memenuhi kebutuhan hand sanitizer untuk keluarga dan masyarakat sekitarnya.

References

Amanda, S., Mastra, N., Sudarmanto, I Gede., 2019. Uji aktivitas Antibakteri Daun Sirih (Pper betle L,) Terhadap Bakteri Streptococcus pyogenes. Meditory Journal. Poltekes Denpasar, Bali.
Desiyanto, F,A., Djannah, S,N. 2013. Efektivitas Mencuci Tangan Menggunakan Cairan Pembersih Tangan Antiseptik (Hand Sanitizer) Terhadap Jumlah Angka Kuman. Jurnal Kesmas 7(2)
Fitriana, R., Nur, D. R., & Arbain, A. (2017). Pelatihan dan Simulasi IELTS bagi Mahasiswa dan Dosen di Lingkungan Fakultas Pendidikan dan Keguruan Program Studi Bahasa Inggris Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jurnal Abdimas Mahakam, 1(2), 88–95.
Guide_to_Local_Production.pdf). Guide to Local Production: WHO-recommended Handrub Formulations
Irma Lidia. Ini Dia Alasan Mengapa Anda Harus Mencuci Tangan. https://jovee.id/ini-dia-alasan-mengapa-anda-harus-mencuci-tangan. Diakses 28 November 2020.
Radji, M., Herman, S., Dessy, A. 2007. Uji Efektivitas Antimikroba Beberapa Merek Dagang Pembersih Tangan Antiseptik. Majalah Ilmu Kefarmasian. 4 (1) :1-6.
Sari, R dan Isadiartuti, D. 2006. Studi Efektivitas Sediaan Gel Antiseptik Tangan Ekstrak Daun Sirih (Piper betle Linn.) Majalah Farmasi Indonesia 17(4): 165.
Wulandari, Christina Diah . 2017. Uji Aktivitas Antibakteri Perasan Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia Swingle) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus epidermidis. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Supriningrum, R. ., Sa’adah, H. ., & Helmidanora, R. . (2021). Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer di Kantor Dinas Perindustrian Kota Samarinda. Jurnal Abdimas Mahakam, 5(01), 119–124. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/abdimasmahakam/article/view/1118

Issue

Section

Articles