Pelatihan E-Commerce Produk Makanan Bandeng Duri Lunak

Authors

  • A Rinto Dwiatmojo Politeknik Negeri Samarinda
  • Yusni Nyura Politeknik Negeri Samarinda
  • Said Keliwar Politeknik Negeri Samarinda

Keywords:

bandeng duri lunak; e-commerce; sosial media; produk makanan.

Abstract

Kecamata Muara Badak khususnya Desa Muara Badak Ulu mempunyai potensi hasil laut yang sangat melimpah salah satunya adalah ikan Bandeng dan Tembang yang banyak kita jumpai. Dimana hasil laut tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal oleh warga setempat yang selama ini hanya di jual di pasar atau pengepul. Oleh karena itu, sangat di sayangkan apabila ikan bandeng dan tembang tersebut tidak dikembangkan kemanfaatannya menajdi produk makanan olahan, agar potensi tersebut menjaid peluang bagi masyarakat Desa Muara Badak Ulu sebagai lapangan pekerjaan yang mandiri dan kreatif. Tujuan Pelatihan ini adalah untuk memberikan wawasan ketrampilan, baik mengenahi Teknik packaging maupun proses produksi secara mandiri, promosi dan pemasaran secara digital. Adapun metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi ceramah, demontrasi, bimbingan dan evaluasi. Sebagai tahap awal dimana hasil pelatihan tahap awal adalah sudah cukup memuaskan yang mana dari hasil desain packaging yang kami lakukan sudah mampu membentuk brand serta diterima dipasaran.  Potensi ‘Bandeng Duri Lunak ‘Desa Muara Badak Ulu perlu ditumbuh kembangkan menjadi produk makanan, yang akan menjadi produk unggulan daerah di Kalimantan Timur khususnya di Desa Muara Badak Ulu. Besar harapan ini tentunya sangat beralasan karena kekayan sumber daya peraian dan sumber daya manusia yang mumpuni, dimana produk makanan ini sangat memungkinkan untuk dikembangkan di Desa Muara Badak Ulu serta mampu menembus pasar nasional.

References

Augustinah, F (2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong di Kabupaten Sampang.

BADAK, B. D. P. K. M., & KARTANEGARA, K. K. ANALISIS MORFOMETRIK BELANGKAS (HORSESHOE CRAB) DARI HASIL TANGKAPAN.

Daeng, I. T. M., Mewengkang, N., & Kalesaran, E. R. (2017). Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. Acta Diurna Komunikasi, 6(1).

Elfindri, E. (2011). Beberapa Teknik Monitoring dan Evaluasi (MONEV). Jurnal Kesehatan Komunitas, 1(3), 106-128.

Hartanto, S., Yuwono, E. C., & Soewito, B. M. (2015). Perancangan Desain Kemasan Produk Homemade Pie” 391” Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 13.

Medah, M. (2009). E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran Perusahaan. Partner, 16(1), 74-81.

Mubarat, H., & Patriansyah, M. (2020). Pelatihan Kerajinan Bambu di Desa Keluru Kabupaten Kerinci menuju Industri Kreatif. Jurnal Abdimas Mahakam, 4(02), 217-226.

Sulistianto, E. (2016). Potensi Ekonomi Pengembangan Usaha Budidaya Tambak Udang Windu di Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Harpodon Borneo, 9(1).

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Dwiatmojo , A. R. ., Nyura, Y. ., & Keliwar, S. . (2021). Pelatihan E-Commerce Produk Makanan Bandeng Duri Lunak. Jurnal Abdimas Mahakam, 5(01), 81–85. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/abdimasmahakam/article/view/1112

Issue

Section

Articles